Sertifikasi Pengadaan Barang Menuju Good Governance


Ket Gambar: Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa oleh Wakil Bupati Gowa, H.Abd Razak Bajidu -Foto/Humas-

SUNGGUMINASA—- Sebanyak 100 peserta perwakilan SPKD Pemkab Gowa dan perwakilan 18 Kecamatan di Gowa mengikuti Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Keahliaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Kegiatan pelatihan berlangsung (1/11) serta ujian sertifikasi keahliannya (3/11) di Balai Diklat Kab Gowa.

Wakil Bupati Gowa, H. Abd Razak Bajidu dalam sambutannya membuka pelatihan menekankan pentingnya pelatihan dan ujian sertifikasi guna mewujudkan komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip governance. “Pemerintah dan pembangunan daerah yang berdasarkan prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas dapat tercipta salah satunya melaui pelatihan ini, ” jelasnya.

Pelatihan ini pada dasarnya memberikan pemahaman mengenai metode dan tata cara pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sekaligus menunjukkan keseriusan Pemda Gowa dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur pengelola pengadaan barang/jasa pada semua SKPD.

“Sesuai amanat Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 yang mewajibkan untuk memiliki sertifikasi bagi unsur pejabat pengadaan, kelompok kerja unit layanan pengadaan atau panitia pengadaan serta bagi pejabat pembuat komitmen,” ujar Kabag Administrasi pembangunan A.Idil Hafid dalam laporannya.

Hasil dari sertifikasi ini diharapkan mampu menjadikan pengelola proyek/ kegiatan yang memahami gagasan pokok peraturan. Meliputi penyederhanaan prosedur pengadaan barang/jasa, mendorong persaingan usaha yang sehat, peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta perlindungan terhadap usaha kecil dan pengurangan ekonomi biaya tinggi. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 − = 16