Tim Klarifikasi Melakukan Penilaian di Kelurahan Tombolo

Lurah Tombolo, Hj.Syamsiar Rahim beserta jajarannya melakukan foto bersama Ketua Tim Klarifikasi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional,Ivan Rangkuti setelah melakukan penilaian di Kelurahan Tombolo. -foto/humas-

Sungguminasa—-Wakil Bupati Gowa, H.Abd.Razak Badjidu menerima tim klarifikasi untuk melakukan penilaian lomba desa/kelurahan tingkat nasional di Kantor Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (13/7). Sebelumnya tim ini telah diterima oleh Bupati Gowa, H.Ichsan Yasin Limpo pada Selasa (12/7) kemarin di Kantor Bupati Gowa.

Tim yang diketuai Ivan Rangkuti dan didampingi oleh anggota timnya yakni Rahayu Ningsih dari BPMD Pusat dan Ratih dari Badan Ketahanan Pangan Nasional ini mulai melakukan penilaiannya di Kelurahan Tombolo yang merupakan 9 Besar kelurahan yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam lomba desa/kelurahan tingkat nasional. Kehadiran tim ini turut pula didampingi Sekretaris Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Sulsel, Rais Rahman.

Kunjungan langsung tim klarifikasi di Tombolo ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Gowa Hj.Novita Ichsan beserta jajarannya, Kepala BPMD Kab.Gowa H.Abd.Rauf, Camat Somba Opu Madjid Hayat, Lurah Tombolo Hj.Syamsiar Rahim, para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan Tim Penggerak PKK Kec.Somba Opu.

Kelurahan Tombolo adalah salah satu dari 45 kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa dan terletak di Kecamatan Somba Opu yang merupakan ibukota Kab.Gowa. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Gowa Nomor 169/IV/2011, Kel.Tombolo merupakan Juara I Lomba Kelurahan Tk.Kab.Gowa dan mewakili Gowa pada Lomba Tingkat Prov.Sulsel dan juga berhasil meraih Juara I sesuai Surat Keputusan Gubernur Sulsel Nomor 1926/VI/2011 dan mewakili Sulsel pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional.

“Saya bersemangat tetap optimis bahwa Kelurahan Tombolo masih yang terbaik, apalagi visi Kelurahan Tombolo 2011 yang mengarah pada terwujudnya Kelurahan Tombolo yang handal dalam peningkatan kualitas hidup masyarakatnya.” jelas Lurah Tombolo, Hj.Syamsiar Rahim di sela-sela laporannya kepada tim penilai.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H.Abd.Razak Badjidu mengatakan, kegiatan ini mengandung makna yang cukup strategis dalam pemberdayaan masyarakat karena pemerintahan kelurahan sebagai pemerintah yang bersentuhan dan berhubungan langsung dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di daerahnya. Sehingga pemerintah kelurahan harus mendapatkan perhatian khusus dan pembinaan secara terus-menerus dari pemerintahan kecamatan dan pemerintahan kabupaten agar pelaksanaan pembangunan dan pelayanan terhadap seluruh masyarakat dapat tersentuh dan merasakan hasil dari pada pembangunan di Kabupaten Gowa ini.

Tim klarifikasi nantinya akan menilai 8 (delapan) indikator penilaian pada lomba kelurahan tingkat nasional, meliputi: pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, pemerintahan kelurahan, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, keamanan dan ketertiban serta pemberdayaan perempuan. Penilaian ini diawali dengan mengunjungi obyek penilaian di lokasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu dan Sekolah Dasar yang terletak di Kelurahan Tombolo.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 33 = 37