Tim Lomba Kelurahan Melakukan Penilaian di Kelurahan Tombolo


Ket.Gambar : Sekretaris Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Abd.Rais Rahman, S.STP beserta jajarannya melakukan penilaian di Kelurahan Tombolo.

SUNGGUMINASA———-Tim Penilaian Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan mengunjungi Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (31/5). Tim penilaian ini berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Prov.Sulsel.

Tim yang dipimpin oleh Sekretaris Tim Penilaian Lomba, Abd.Rais Rahman, S.STP beserta jajarannya ini sebelumnya telah melakukan penilaian di tingkat desa pada Desa Majannang, Kecamatan Parigi kemarin (30/5).

Acara ini dihadiri Ketua DPRD Kab.Gowa H.Ansar Usman, Ketua TP PKK Kab.Gowa Hj.Novita Ichsan, Wakil Ketua TP PKK Kab.Gowa Hj.Rosmina Razak, para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, camat dan lurah, serta jajaran TP PKK Kec.Somba Opu.

Tingkat pendidikan masyarakat Kelurahan Tombolo cukup tinggi, dilihat dari data jenjang pendidikan mulai dari Taman kanak-Kanak sampai dengan Pasca Sarjana. Bahkan kesadaran berpartisipasi masyarakatnya pun dapat dilihat dari persentase pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada 2 (dua) tahun ini selalu menduduki peringkat pertama dan pelunasannya.

Penilaian lomba kelurahan terpadu ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007, indikator penilaian terbagi atas 8 (delapan)  indikator, yaitu : indikator pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, ketertiban dan keamanan, partisipasi masyarakat, kelembagaan masyarakat, pemerintahan kelurahan, dan pemberdayaan serta kesejahteraan keluarga.

Lurah Tombolo, Hj.Syamsiar Rahim, S.Sos,MM mengutarakan kesiapannya beserta jajarannya dan masyarakat Kelurahan Tombolo apabila dipercayakan untuk mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke Tingkat Nasional.

Pada kesempatan ini pula, Lurah Tombolo, Hj.Syamsiar Rahim, S.Sos,MM kepada Sekretaris Tim Penilaian Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Prov. Sulsel, Abd.Rais Rahman, S.STP.

Sekretaris Tim Penilaian Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Prov. Sulsel, Abd.Rais Rahman, S.STP menjelaskan bahwa lomba kelurahan selain merupakan ajang kompetisi sekaligus sebagai bentuk evaluasi hasil pembangunan kelurahan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah, Pemerintah daerah serta seluruh masyarakat, yang dilakukan setiap tahun secara berjenjang dan berkelanjutan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi serta tingkat nasional.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 × 1 =