TNI-Rakyat Saling Bersinergi di TMMD Ke-87

SUNGGUMINASA—- Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-87 Kodim 1409/Gowa Tahun 2011 di Lapangan Desa Julu Bori Kec Pallangga Kab Gowa, Senin (10/10).

Upacara yang diikuti ratusan peserta dari jajaran TNI, Satpol PP dan pelajar ini pun dihadiri Aster Kasdam VII Wirabuana Kol.Inf M.Shokir, Bupati Gowa H Ichsan Yasin Limpo, Wakil Bupati Gowa H Abd Razak Badjidu, Ketua DPRD Kab Gowa H Ansar Usman, Dandim 1409 Gowa Letkol.ARM Bambang Irawan dan Kapolres Gowa AKBP Totok Lisdiarto, beserta seluruh jajaran TNI dan masyarakat setempat.

TMMD Ke-87 Tahun 2011 ini dilaksanakan secara serentak oleh TNI di 61 wilayah Kab/Kota, 81 Kecamatan dan 162 Desa/Kelurahan di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Kab Kutai Barat, Prov Kalimantan Timur. TMMD bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui pelaksanaan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bhakti sosial kemasyarakatan, dalam rangka membantu otoritas sipil, untuk menciptakan suasana yang kondusif  bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri dan ketahanan wilayah yang tangguh dan menggunakan anggaran dengan total dana kurang lebih sebesar 822 juta.

Dandim 1409 Gowa Letkol.ARM Bambang Irawan  melaporkan, kegiatan TMMD akan berlangsung mulai tanggal 10-31Oktober 2011 di beberapa daerah diantaranya  Desa Julubori dan Desa Taeng di Kec Pallangga, Desa Manjalling Kec Bajeng Barat dan Desa Kale Barembeng Kec Bontonompo dengan melibatkan 150 personil dari beberapa satuan TNI dan Pemkab Gowa.

Sambutan tertulis KASAD RI dibacakan oleh Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam menjelaskan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, Departemen, Non-Departemen dan masyarakat untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dan memberdayakan masyarakat di daerah pedesaan dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna keutuhan NKRI.

Pembukaan TMMD ini ditandai dengan penyematan tanda personil oleh Pangdam VII Wirabuana sekaligus penyerahan toolkit kepada perwakilan personil TMMD.

Sasaran Kegiatan TMMD

Pelaksanaan kegiatan TMMD yang dilakukan oleh TNI dan masyarakat ini akan melakukan beberapa pembangunan diantaranya rehab mesjid sebanyak 3 (tiga) unit, pembuatan talud sepanjang 80 meter dan pembuatan pos kamling sebanyak 3 (tiga) unit.

Selain melakukan pembangunan, para personil TNI ini juga akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Pertanian, Kesadaran Bela Negara, Cinta Tanah Air, Kamtibnas, KB-Kesehatan dan Hukum.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

30 + = 35