USAID-IUWASH Mengunjungi Gowa


Ket.Gambar : Anggota USAID,Farah ketika memaparkan Program IUWASH dihadapan Wakil Bupati Gowa, H.Abd Razak Badjidu dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

SUNGGUMINASA—–United States Agency International Development (USAID) memiliki proyek baru yang diberi nama Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH). Program air, sanitasi dan kebersihan perkotaan Indonesia merupakan proyek lima tahun yang berupaya membantu Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan akses layanan air dan sanitasi kepada mereka yang memiliki akses terbatas kepada kedua layanan ini.

“Program ini merupakan program lima tahun dan rencananya akan dilakukan di 50 kabupaten/kota di Indonesia, ” jelas Chief of Party, Louis O’Brien. “Proyek ini dibiayai oleh USAID,” tambahnya. Dalam perencananya program akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, organisasi masyarakat sipil dan penyedia layanan.

Guna pengenalan program IUWASH dan sosialisasi tim yang dipimpin oleh Louis melakukan kunjungan ke Gowa, Makassar, Maros dan Takalar. Kunjungan ke Kab Gowa berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati,Selasa (21/6). Tim diterima oleh Wakil Bupati Gowa, H. Abd Razak Bajidu beserta pimpinan SKPD lingkup Pemda Gowa.

Wakil Bupati Gowa dalam sambutan penerimaannya menyambut positif kehadiran tim IUWASH. ”Program yang bermanfaat kepada masyarakat akan mendapatkan dukungan dari Pemda,” urainya.

Kunjungan tim IUWASH menjelaskan kepada Pemda kalau program ini bertujuan meningkatkan akses air dan sanitasi sekaligus merubah perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat. AUSAID melalui IUWASH dalam hal ini akan memberikan bantuan teknis guna kelancaran program ini di lapangan.

Setelah sosialisasi dan diskusi dengan Pemda Gowa tim IUWASH akan melakukan diskusi lanjut dengan pusat guna pemilihan Kota/Kabupaten yang akan dijadikan lokasi untuk berjalannya proyek air bersih dan sanitasi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

90 − = 85