Wabup Buka Pelatihan Penyebarluasan Informasi Bencana


Ket.Gambar : Wakil Bupati Gowa, H Abd Razak Badjidu didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan, H Usman Tate dan Sekretaris Disnakertrans Kab Gowa, H Syamsuddin Bidol ketika menghadiri pembukaan Pelatihan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Wakil Bupati Gowa H Abd Razak Badjidu membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemantauan dan penyerbarluasaan informasi potensi bencana alam yang berlangsung di Gedung Adi Jaya Sungguminasa, Kamis (15/12). Acara ini dihadiri pula Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Usman Tate dan Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Gowa, H Syamsuddin Bidol.

Pelatihan ini diikuti 60 peserta yang terdiri dari perwakilan karang taruna , FKKPI, perwakilan dari 18 kecamatan se-Kab Gowa serta pengurus BKPMRI Gowa.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Razak Badjidu  mengharapkan pelatihan ini bisa mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana alam tertutama di daerah rawan bencana. “Kegiatan ini bertujuan agar tercipta kesiapsiagaan yang tanggap, cepat dan akurat disertai pencegahan dini dalam bertindak bersama masyarakat, terutama bagi daerah rawan bencana baik pada saat sebelum terjadi bencana maupun saat pasca  bencana,” tambahnya.

Setiap tahunnya di Gowa terkena bencana berupa banjir (genangan air), angin kencang, tanah longsor dan kebakaran. Kondisi ini membutuhkan kesiapan masyarakat menghadapi ancaman, resiko serta penanggulangan.

Selain mempersiapkan masyarakat dalam mengahadapi bancana alam juga diperlukan koordinasi antar sektor, kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat. Kebersamaan dan partisipasi yang sinergis ini akan meminimalisir korban baik jiwa, kerugian harta serta kerusakan lingkungan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 4