Wabup Buka Rakor Pemutakhiran Data Pemilih
Rakor KPU
Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih. -foto/humas-

SUNGGUMINASA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih semester 1 tahun 2017 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rabu (9/8).

Turut pula hadir dalam Rakor ini, Para Camat, Unsur Parpol, Organisasi Kepemudaan (OKP), LSM, dan Para pelajar yang maduk dalam daftar pemilih pemula.

Ketua KPU Gowa, Zaenal Ruma mengatakan, akhir-akhir ini terlalu banyak beredar di media cetak maupun online tentang data pemilih yang ada di Kab. Gowa yang semakin meningkat, tapi masalah ini kita sudah tuntaskan dan melakukan pencerahan dengan berkunjung ke media-media.

“Saya tegaskan bahwa 640 ribu data pemilih yang diperdebatkan itu sangat salah. Yang benar adalah jumlah data pemilih Gowa itu 540 ribu lebih dengan estimasi akan bertambah 5 persen menjadi 572.654 jiwa. Jumlah inipun belum bisa dipatenkan sebab nanti baru bisa ditahu ketika masuk dalam tahapan pemilihan nanti,” kata Zaenal Ruma.

Sementara itu Wabup Gowa, H Abd Rauf dalam sambutannya mengatakan, Rapat Koordinasi ini sebagai langkah dalam pemutakhiran data yang bertujuan untuk mengetahui pergerakan penduduk yang mempunyai hak pilih dalam pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih guna tercapainya validitas dan terpeliharanya daftar pemilih terkini.

“Kpu sebagai penyelenggara pemilu memiliki tugas dan peran sangat penting mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara, selain itu harus mampu melakukan pengawasan partisipatif dengan upaya penyamaan persepsi diantara para stakeholder, khususnya kepada pemilih pemula,” jelas Mantan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Wabup berharap semoga melalui rakor ini akan mendorong seluruh peserta untuk mampu memelihara data pemilih dan memperoleh data yang benar-benar akurat dan terpercaya, sehingga pemutakhiran data semester selanjutnya bisa menjadi grand desain bagi KPU untuk terus konsisten dalam memberikan kinerja terbaik.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pengamat politik yakni Prof Adi Surya Culla dan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa, H Ambo bersama dua komisioner KPU, Muhtar Muis dan Arif Budiman. yang berlangsung hingga sore hari. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

8 × 1 =