119 Pejabat Fungsional Pemkab Gowa Ikut Bimtek Penyetaraan Jabatan

HUMASGOWA——Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (13/12).

Abd Rauf dalam sambutannya mengatakan bahwa penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional adalah mengikuti amanat dari Presiden Republik Indonesia pada pidato kenegaraan pada tahun 2019, yang kemudian diimplementasikan dengan peraturan Menpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

“Reformasi birokrasi merupakan suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik serta merubah orientasi pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik sehingga dapat menjalankan pemerintahan yang lebih efisien, efektif, responsif ,inovatif, kreatif, kompetitif, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Lanjut Abd Rauf dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang semakin baik dan memberikan pelayanan terbaik akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, penguatan aparan sipil negara sebagai ujung tombak pelayanan publik harus terus-menerus dilakukan sehingga dapat merefleksikan kembali semangat reformasi birokrasi.

Olehnya itu, dirinya berharap agar seluruh peserta yang jumlahnya 119 pejabat fungsional dari SKPD lingkup Pemkab Gowa dapat mengikuti kegitan tersebut dengan baik dan bersungguh-sungguh, sehingga mampu mengetahui tuga dan mekanisme kerja masing-masing.

“Saya berharap kepada seluruh peserta bimtek agar benar-benar memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber agar dapat dilaksanakan dan memanfaatkan ini menjadi forum diskusi kemudian jadikan media yang efektif antara narasumber dan peserta,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupatem Gowa, Zubair Usman dalam laporannya mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman sistem kerja instansi dan tatacara pelaksanaan tugs seera memahami mekmaisme terkait sistem kerja.

Kemudian melalui Bimtek Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional diharapkan mampu bagaimana perilehan angka kredit berdsarkan peraturan Menteri PAN RN Nomor 13 Tahun 2019.

“Sasaran untuk mewujudkan perubahan pola kerja dan kemampuan ASN Pemkab Gowa dalam menyusun angka kredit yang akan digunakan unruk kenaikan pangkat dan janjang jabatan. Para peserta nantinya akan menjadi mara info dalam perhitungan angka kredit di SKPD masing-masing,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Pembukaan Bimtek Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional Lingkup Pemkab Gowa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsinas dan pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 59 = 63