Adnan Jadi Pembicara di Indonesia Science Expo 2017 LIPI

Talkshow LIPI
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai pembicara di talkshow Indonesia Science Expo 2017. -foto/humas-

#Muda dan Menginspirasi, Adnan Jadi Pembicara di Talkshow LIPI

JAKARTA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, kini mulai menjelma sebagai sosok muda yang menginspirasi pemuda di negara ini. Setelah dikenal luas di Sulawesi Selatan sebagai tokoh muda yang mampu menjabat bupati diusia 29 tahun, Adnan kini mulai tampil di nasional.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) misalnya, mengundang khusus mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini sebagai pembicara di talkshow Indonesia Science Expo 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (26/10/2017). Talkshow Peran Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing Daerah ini mengangkat tema “Implementasi Hasil Riset LIPI di Daerah Untuk Meningkatkan Inovasi Riset LIPI di Daerah”.

Adnan sendiri memang menjadi sosok bupati muda yang cukup berprestasi. Kurang dari dua tahun menjabat sebagai bupati, ia sudah mengoleksi 23 penghargaan baik skala nasional maupun regional. Di acara ini, Adnan banyak berbicara terkait terobosan-terobosan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Salah satunya, adalah target menjadikan Gowa sebagai kabupaten pendidikan yang pertama di Sulawesi Selatan, melalui berbagai inovasi program di bidang pendidikan. Seperti Pendidikan Gratis, yang diatur dalam Perda Nomor 10 Tahun 2009. “Gowa adalah pelopor pendidikan gratis di Sulawesi Selatan,” katanya di forum itu.

Pendidikan gratis sendiri, kata dia, dicetuskan oleh bupati sebelumnya, yakni Ichsan Yasin Limpo, dan kemudian dilanjutkan oleh dirinya, termasuk melanjutkan inovasi yang sudah dibuat dan melengkapi program untuk menjadikan Gowa sebagai kabupaten pendidikan. Seperti, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang tidak mengenal tinggal kelas, iman dan taqwa (Imtaq) Indonesia, Punggawa D’Emba yang merupakan inovasi metode pembelajaran dan program pendidikan lainnya.

Selain di sektor pendidikan, Adnan juga banyak berbicara terkait kesehatan gratis yang selama ini sudah berjalan di Gowa, meskipun belakang diharuskan berintegrasi dengan BPJS. “Kami di Gowa juga membangun masyarakat religius melalui program Jum’at Ibadah,” ungkapnya.

Adnan juga mengungkapkan jika dibawah pemerintahannya, meskipun fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi infrastruktur tetap juga diperhatikan. Seperti program pengalokasian 20 persen dari APBD untuk pembangunan dan perbaikan indrastruktur jalan. “Utamanya, jalan-jalan penghubung desa,” terangnya.

Di talkshow itu, selain Adnan juga ada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, sebagai pembicara. Bupati perempuan pertama di Sulsel ini, juga ditasbihkan sebagai sosok muda menginspirasi. Tampil juga dari Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 × = 40