Aktif Gelar Kegiatan Kepramukaan, Kwarcab Gowa Raih Tergiat Pertama Se-Sulsel

– Hadiri Musda IX Gerakan Pramuka Sulsel 

HUMASGOWA–‐–Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Gowa berhasil meraih terbaik pertama Kwarcab Tergiat di Sulawesi Selatan pada Musyawarah Daerah (Musda) IX Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan Tahun 2024 di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (27/1).

Bupati Gowa selaku Ketua Kwarcab Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat mengapresiasi jajaran Kwarda yang memberikan penghargaan ini. Menurutnya melalui penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi seluruh Kwarcab untuk aktif melaksanakan kegiatan khusunya dalam membina karakter para pemuda yang ada.

“Tentu kami sangat bangga atas capaian ini, karena selama ini Kwarcab Gowa aktif melaksanakan kegiatan, terlebih Pramuka merupakan salah satu organisasi pembinaan karakter yang nantinya sangat berdampak baik terhadap peningkatan SDM yang ada di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Salah satu cara yang dilakukan untuk selalu mengaktifkan Pramuka di Kabupaten Gowa yakni dilakukannya revitalisasi Bumi Perkemahan Cadika sebagai miniatur Buper Cibubur, dimana nantinya tempat ini mampu menjadi pusat kegiatan pramuka di Sulawesi Selatan bahkan diluar Sulsel.

“Insya Allah nantinya jika ingin berkegiatan Pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” sebut orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara Ketua Harian Kwarcab Gowa, Baharuddin Mangka menyebutkan salah satu aspek penilaian yang dilakukan sehingga Kwarcab Gowa mampu meraih penghargaan ini yakni berdasarkan laporan administrasi kegiatan yang dilakukan selama 2019-2023, dimana dalam kurung waktu tersebut Gowa dianggap giat atau aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan dan memiliki nilai tertinggi.

“Kita alhamdulillah sangat aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan, salah satu yang menjadi kelebihan dan poin tinggi dalam penilaian tersebut adalah karena Kwarcab Gowa memiliki Bumi Perkemahan dan sarana fisik. Berhasil melaksanakan kegiatan besar setiap tahunnya seperti Lomba Tingkat III, Raimuna Cabang, dan tahun ini akan bersiap dalam proses pencapaian Pramuka Garuda kursus mahir dasar dan lanjutan ditambah kegiatan pembinaan di Saka-Saka yang ada di sekolah itu berkelanjutan,” sebutnya.

Ia berharap kedepan Pramuka di Kabupaten Gowa mampu mencapai Pramuka garuda atau Pramuka yang berkualifikasi tinggi sehingga semakin bamyak generasi muda yang terbina dalam hal kegiatan kepramukaan.

“Semoga semakin banyak generasi muda kita yang terbina dalam kegiatan kepramukaan karena kegiatan kepramukaan ini adalah pembinaan pemuda yang sifatnya holistik atau menyeluruh mulai dari pembinaan , keterampilan, karakter dan sebagainya,” jelasnya.

Selain Kwarcab Gowa, Kwarcab Pangkep menjadi Kwarcab tergiat kedua dan Kwarcab Wajo berada diurutan ketiga.

Kegiatan ino dihadiri Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin selaku Kepala Mabinda Gerakan Pramuka Sulsel, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Purn Bahtiar serta para perwakilan Kwarcab Kabupaten/Kota Se-Sulsel.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

3 × 1 =