Bupati Adnan Ajak ASN dan Masyarakat Gowa Segera Laporkan SPT Tahunan

– Capaian SPT Tahunan Gowa Diatas 93 persen

HUMASGOWA—-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Gowa segera melaporkan SPT tahunannya per tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan saat dirinya menerima kunjungan Kepala KPP Pratama Bantaeng di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (5/2).

“Hari ini kita lakukan pekan panutan pajak di Kabupaten Gowa sebenarnya untuk memberikan pesan kepada masyarakat kita, bahwa kalau kita saja melakukan pembayaran pajak dan melaporkan pajak SPT tahunan, kita harap masyarakat juga bisa segera melaporkannya,”ungkapnya.

Adnan menyebut pajak yang dibayarkan oleh seluruh lapisan masyarakat akan kembali ke masyarakat itu sendiri melalui pembangunan khususnya di Kabupaten Gowa. Sehingga dirinya mengingatkan agar selalu taat dalam membayarkan maupun melaporkan pajaknya

“Kontribusi pajak yang kita bayarkan itu akan kembali untuk kita. Sudah menjadi kewajiban kita untuk membayar pajak dan uang itu akan kembali dan kita pakai untuk pembangunan di Kabupaten Gowa ini,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya bersama KPP Pratama Bantaeng ini bisa meningkatkan capaian pajak di Kabupaten Gowa sehingga kedepan pembangunan di Kabupaten Gowa semakin meningkat dan berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Jika tahun lalu kita mampu meraih diatas 93 persen maka diharapkan tahun ini bisa diatas 96 persen masyarakat yang melaporkan SPT tahunannya sehingga pembangunan kita semakin meningkat berkat adanya kontribusi pajak dari kita semuanya,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara Kepala KPP Pratama Bantaeng, Falih Alhusnieka mengatakan pencapaian SPT tahunan masyarakat Gowa tahun lalu berada pada angka 93,63 persen, dimana mayoritas dilakukan oleh ASN dan karyawan swasta. Sehingga tahun ini yang dimulai dari jajaran Pemkab Gowa diharapkan bisa memotivasi masyarakat agar capaian di tahun ini bisa ditingkatkan,

“Karena masyarakat itu butuh contoh dan hari ini dimulai dari Pak Bupati, Wabup, dan Forkopimda telah menyampaikan SPT lebih awal karena jatuh tempo masih 31 Maret tapi begitu beliau menyampaikannya lebih awal, maka masyarakat akan berbondong-bondong mengikutinya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Falih menyampaikan kontribusi pajak di Kabupaten Gowa mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari Rp288 miliar, kini di tahun 2023 naik menjadi Rp296 miliar atau 50 persen lebih dari penerimaan KPP Pratama Bantaeng. Sehingga tahun 2024 ini pihaknya optimis berapapun target yang diberikan oleh pemerintah pusat mampu dicapai oleh KPP Pratama Bantaeng.

“Untuk tahun 2024, jika Indonesia ini diramalkan pertumbuhan ekonomi 5,2 persen biasanya Sulawesi Selatan cenderung lebih tinggi termasuk di Kabupaten Gowa, karena itu kami yakin berapapun target yang dibebankan kepada kami dengan dukungan sekalian sebagaimana selama ini sudah diberikan akan mampu mendukung kami mencapai penerimaan 100 persen yang direncanakan,” jelasnya.

Pada pekan panutan ini, Bupati Gowa bersama Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa Abdul Karim Dania dan Forkpimda Kabupaten Gowa telah melaporkan SPT tahunannya dengan memanfaatkan aplikasi E-Filing melalui djponline.pajak.go.id.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

8 × 1 =