Bupati Adnan Dukung Polres Gowa Menjadi Polresta

– Hadiri Studi Kelayakan Peningkatan Tipe Polres Gowa

HUMASGOWA—–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan dukungan penuh agar  Polres Gowa segera berubah tipe, yakni dari tipe D (Polres) menjadi tipe C (Polresta).

Hal itu diungkapkan saat dirinya turut menyambut kedatangan Tim Srena Mabes Polri dalam rangka Studi Kelayakan Peningkatan Tipe Polres Gowa dari Tipe D (Polres) ke Tipe C (Polresta) di Aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa, Rabu (30/8).

“Kami di Kabupaten Gowa ini sangat terbantu dengan sinergitas Forkopimda yang ada,  khususnya Pak Kapolres dan juga Pak Dandim sehingga mudah-mudahan dengan hadirnya Bapak Brigjen Pol Taufik Pribadi bersama seluruh jajaran bisa meningkatkan tipe Polres Gowa dari tipe D ke tipe C,” ungkapnya.

Ia berharap dengan meningkatnya tipe Polres Gowa nantinya, keamanan dan ketertiban di Kabupaten Gowa semakin terjaga dengan baik.

“Kami sangat yakin, jika keamanan di suatu daerah itu baik maka wilayah tersebut juga akan baik sehingga para investor mau masuk dan prestasi-prestasi mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan agar Kabupaten Gowa jauh lebih baik di masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara Kapolres Gowa, AKPB Reonald TS Simanjuntak saat melakukan pemaparan mengatakan jika melihat kondisi saat ini mulai dari letak geografis, demografi, sumber daya alam, politik, ekonomi, sosial budaya, kamtibmas, kemampuan dan kesatuan, Polres Gowa sudah bisa meningkat dari tipe D ke tipe C.

“Peningkatan tipe ini perlu dilakukan karena jumlah personil Polres Gowa belum ideal dengan jumlah penduduk kabupaten Gowa yang ada saat ini yaitu sebanyak 783.167 jiwa atau dengan perbandingan 1 banding 800, kemudian perkembangan ekonomi dan meningkatnya aktivitas masyarakat Kabupaten Gowa berdampak pada peningkatan gangguan kamtibmas, pelanggaran hukum, pelanggaran lalu lintas dan lakalantas sehingga perlu penambahan personil maupun penambahan unit baru dalam struktur organisasi dan itu bisa dilakukan jika kita menjadi tipe C,” katanya.

Tak hanya itu, dirinya menyebutkan saat ini dibutuhkan penyesuaian ekselonisasi agar koordinasi antar intansi semakin baik, seperti Kejaksaan yang sekarang berubah tipe menjadi tipe A, Kantor Pengadilan Negeri menjadi kelas 1A, serta adanya markas Divisi 3 Kostrad yang dipimpin oleh Mayjen TNI dan Rindam yang dipimpin oleh seorang kolonel.

“Kami sangat beharap Polres Gowa bisa segera berubah tipe, agar peningkatan sarana prasarana dalam mendukung tugas kepolisian dan pelayanan masyarakat di Polres Gowa lebih optimal sesuai dengan tantangan yang semakin kompleks dan sejalan dengan perkembangan pembangunan,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Karolemtala Srena Polri, Brigjen Pol Taufik Pribadi selaku Ketua Tim mengatakan dengan meningkatnya tipe Polres menjadi Polresta tentunya akan mengikuti perkembangan dan ada tahapan yang harus dilalui disertai dengan bukti-bukti sehingga bisa seera dikoordinasikan di tingkat atas.

“Apa yang tadi disampaikan berkaitan dengan personil, sarana dan prasarana, tentunya dengan meningkatnya tipe Polres menjadi Polresta. Setelah ini akan kami sampaikan kepada pimpinan tapi intinya ada tahapan yang akan kita konfirmasi,” sebutnya.

Pada kesempatan itu dirinya mengingatkan salah satu tugas kepolisian adalah menjaga kondisi kamtibmas, dimana masyarakat sangat membutuhkan sehingga bisa memberikan kesejahteraan dan keamanan kepada masyarakat itu sendiri.

Usai melakukan pemaparan, seluruh tim melakukan peninjauan di berbagai sektor polres Gowa yang menjadi indikatoe dalam peningkatan tipe D menjadi tipe C ini.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

65 − 59 =