Bupati Gowa Harap Rangkaian Kegiatan HUT Ke-77 RI Perkuat Kekompakan dan Kebersamaan

HUMASGOWA —– Berbagai kegiatan yang bisa kembali digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dapat menjadi pengingat untuk saling meningkatkan dan memperkuat kekompakan, serta kebersamaan dari seluruh pihak ada.

Hal ini menjadi harapan penuh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menyampaikan sambutan pada Resepsi Kenegaraan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Gowa di Halaman Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (17/8) malam.

“Terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak yang telah berpartisipasi dalam lomba-lomba yang dilaksanakan. Semoga ini terus menjaga kekompakan dan kebersamaan kita sehingga Insya Allah kita terus bekerja yang lebih baik lagi, lebih tulus, lebih ikhlas untuk Kabupaten Gowa yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” terangnya.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini mengatakan bahwa suatu kesyukuran setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19 bisa kembali dilakukan berbagai rangkain kegiatan dalam rangka HUT RI. Mulai dari perlombaan, hingga malam kenegaraan seperti malam ini.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gowa. Dirinya menilai bahwa Paskibraka Kabupaten Gowa sukses menjalankan tugas dengan sangat baik saat pengibaran maupun penurunan Bendera Merah Putih.

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya kepada adik-adik Paskibraka yang telah mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih tanpa cacat sedikitpun. Saya boleh katakan sempurna dalam pengibaran Bendera Merah Putih. Oleh karena itu, saya akan memberikan bonus kepada Paskibaraka,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Bupati Adnan juga menyampaikan tahun ini Pemerintah Kabupaten Gowa akan meluncurkan dua program. Pertama, program Mahasantri untuk mendukung program satu hafidz satu desa dan kelurahan, satu hafiz satu. Program ini menggandeng seluruh Desa dan Kelurahan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

kedepan kata Adnan mahasantri akan menghafal Al Quran selama 3 tahun di rumah tahfidz milik Pemerintah Kabupaten Gowa di Kecamatan Bajeng. Setelah itu, lanjut 2 semester atau satu tahun di UIN Alauddin Makassar untuk kuliah yang sesuai dengan hapalan Al Quran.

“Kenapa disebutkan dengan maha santri karena kita bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, di mana rumah tahfidz yang ada di Kecamatan Bajeng khususnya Kelurahan Limbung yang akan mencetak para penghafal Alquran kiita kerjasama dengan UIN Alauddin Makassar,” jelasnya.

Sementara yang kedua kata Adnan, Pemkab Gowa akan meluncurkan program yaitu satu desa satu sarjana dan satu kelurahan satu sarjana. Menurutnya, program ini sebagai tindak lanjut perluasan dri investasi sumber daya manusia 25 tahun untuk membangun sumber daya manusia Kabupaten Gowa yang lebih baik.

“Ini tiada lain untuk kita dapat meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Gowa yang lebih berkualitas sehingga kita bisa menatap Indonesia emas pada 2045, di mana salah satu indikatornya adalah bonus demografi yaitu lebih banyaknya usia produktif dibandingkan usia yang non produktif,” tambahya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina selaku Ketua Panitia HUT Ke-77 RI Tingkat Kabupaten Gowa menyebutkan lomba yang dilaksanakan Pemkab Gowa untuk memeriahkan HUT Ke-77 RI, yaitu lomba kebersihan antar SKPD, kantor camat, desa/kelurahan, sekolah dan kepala SKPD.

Lomba menyanyi antar sekretaris/kabid SKPD, pertandingan bulu tangkis antar SKPD, lomba makan kerupuk dan balap karung antar SKPD, lomba lari kelereng, memasukkan pensil kedalam botol dan lomba joget balon antar SKPD, senam antar SKPD, tarik tambang antar skpd pawai dan gerak jalan antar SKPD M, gerak jalan antar pelajar (SD, SMP dan SMA), gerak jalan santai dan lomba memasak nasi goreng antar kepala SKPD

Kamsina juga menyebutkan tujuan pelaksanaan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tingkat Kabupaten Gowa tahun untuk meneruskan semangat juang para pahlawan kemerdekaan republik indonesia. Kemudian meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dan untuk membangun semangat kebagsaan dan membentuk jiwa kompetitif yang sehat dan kuat,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni, Jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, asisten, staf ahli, Pimpinan SKPD, Camat, kepala Desa dan Lurah, tokoh masyarakat, dan anggota Paskibraka bersama orang tua. (JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

75 − = 74