Bupati Panen Perdana Sayuran di Lapas Perempuan Sungguminasa

Panen Perdana
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni Panen Perdana Sayuran Bersama Gubernur Sulsel, H Syahrul YL di Lapas Perempuan II A Sungguminasa. -foto/humas-

GOWA—–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni melakukan panen perdana sayuran hasil tanaman warga binaan Lapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa di Bolangi Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Selasa (15/8).

Panen sayuran dari kebun sayuran kreasi warga binaan ini merupakan upaya mandiri pihak Lapas dalam membina kemandirian para warga binaan agar mampu berbuat dan berusaha selepas dari proses hukuman yang sedang dijalani.

Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa, Sudariati mengatakan, lapas yang dipimpinnya itu dihuni sebanyak 183 orang warga binaan termasuk dua bayi yang ikut ibunya.

“Para penghuni lapas berjumlah 183 orang yabg didominasi hukuman akibat kasus narkoba yakni sebanyak 145 orang disamping kasus lainnya,” urai Sudariati dihadapan Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo yang turut hadir panen perdana dan menyaksikan Penandatanganan Kerjasama Antara Lapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa dengan Lottemart.

Sudariati menambahkan, adanya kebun sayuran ini merupakan upaya pihak lapas untuk memberikan keterampilan bagi para warga binaan untuk dapar membuka usaha setelah bebas.

“Kami mencarikan solusi bagaimana cara membantu para perempuan yang sedang menjalani proses hukuman ini agar terampil sehingga selepas dari masa tahanan ini mereka bisa berusaha mandiri berkat keterampilan yang telah dijalani,” kata Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa.

Selain berkebun, warga binaan juga akan mengikuti pelatihan membatik dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan selama tiga hari. Pihak Lapas juga mendirikan sebuah wisma Flamboyan yang tujuannya sebagai tempat layak dan bersih untuk para warga binaan yang hamil, memiliki bayi dan menyusui serta para manula.

“Jadi wisma ini kita buat untuk memberikan para warga binaan yang memiliki anak bayi serta menyusui dan manula agar mereka punya tempat yang lebih sehat karena selama ini kami bingung melakukan perawatan bagi anak-anak bayi yang kebetulan kesehatannya terganggu karena kondisi lapas yang tidak cocok untuk anak bayi,” terang Sudariati.

Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa secara bersamaan melakukan panen bayam di Kebun Sayur Sehat dan mengunjungi Wisma Flamboyan didampingi Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Sungguminasa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

85 + = 93