Dampingi Tim Penilai Lomba Desa, Adnan Disambut Salam Kebersamaan

Penilaian Lomba Desa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendampingi Tim Penilai Lomba Desa di Desa Panakukang, Kecamatan Pallangga. -foto/humas-

GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mendampingi langsung tim penilai lomba desa/kelurahan dalam melakukan penilaian di Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga, Senin (22/5). Di jalan-jalan menuju lokasi acara, warga yang dilalui menunggu di pinggir jalan menyambut bupati termuda di Indonesia Timur ini.

Ada hal menarik dari cara warga yang dilalui dalam menyambut orang nomor satu di Kabupaten Gowa tersebut. Tak hanya melambaikan tangan, warga juga terlihat merangkul kedua tangannya ke arah Adnan.

Rangkulan tangan warga itu sendiri adalah salam kebersamaan yang selama ini dipopulerkan oleh Ketua PMI Sulsel yang juga Bakal Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo. Melihat pemandangan itu, Adnan juga menyambutnya dengan ikut melakukan salam kebersamaan ke arah warga.

“Terima kasih yah,” kata Adnan ke warga. Beberapa warga juga membalas dengan teriakan punggawa. Punggawa sendiri adalah panggilan akrab Ichsan Yasin Limpo yang merupakan mantan Bupati Gowa yang juga ayah dari Adnan Purichta Ichsan.

Tiba dilokasi acara, warga yang hadir di tempat itu kembali menyambut mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini dengan salam punggawa. Adnan yang sudah berada di atas panggung acara pun sontak membalas dengan ikut salam punggawa.

Adnan juga sempat diadang warga saat bermaksud pulang usai menghadiri acara. Warga yang berkumpul di pinggir jalan tiba-tiba menghentikan kendaraan yang ditumpangi Adnan. “Foto dulu pak,” kata seorang warga mewakili warga lainnya.

Mendengar permintaan warga, Adnan langsung turun dari mobilnya dan menyalami satu persatu warga. Warga pun berebutan untuk sekadar salaman dan foto bersama suami Priska Paramita Adnan ini.

Tim penilai lomba desa ini sendiri datang dengan personil lengkap. Termasuk Ketua Tim Penilai, Mustari Soba.

Bupati Gowa dalam sambutan penerimaan tim penilai mengungkapkan, pemerintah desa harus mendapatkan perhatian khusus agar pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat bisa terpenuhi secara keseluruhan. “Kita patut berbangga, karena anggaran dana desa tiap tahun selalu mengalami peningkatan. Tahun ini anggaran dana desa dari pemerintah pusat untuk desa sebesar Rp60 triliun. Tahun depan naik menjadi Rp120 triliun,” ungkapnya.

Adnan juga sempat menyinggung pengelolaan dana desa di Gowa yang sudah berjalan sesuai petunjuk BPKP. Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang sudah dijalankan di Gowa, menurutnya, sekaligus membawa dirinya bersama 13 kepala daerah lainnya diundang khusus BPKP untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Ia juga mengungkapkan harapannya, agar Desa Panakkukang bisa keluar sebagai juara dalam lomba desa tersebut dan mewakili Sulsel ke lomba tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan yang juga Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sulsel, Mustari Soba, mengungkapkan masyarakat Desa Panakkukang perlu berbangga karena Desa Panakkukang mewakili Gowa dilomba desa tingkat provinsi.

Evaluasi ini sendiri lanjutnya dilakukan secara berjenjang. “Kita patut memberi jempol pada Desa Panakkukang sehingga bisa keluar sebagai yang terbaik di tingkat Kabupaten Gowa. Ini memang luar biasa pembangunan di Desa Panakkukang semenjak kepemimpinan Pak Bupati Adnan Purichta Ichsan. Ini baru mau star belum star,” pujinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − = 49