Gowa Perwakilan Pembukaan Rakernas di Istana Negara

JAKARTA—- Pemerintah Kabupaten Gowa terpilih sebagai perwakilan Pemerintah Kab/Kota seluruh Indonesia untuk hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Keterpilihan ini dijelaskan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis yang mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang sementara melakukan kunjungan kerja ke Afrika Selatan.

Menurut Muchlis Pemkab Gowa sebagai salah satu perwakilan Pemerintah Kabupaten/kota yang mengikuti pembukaan Rakernas di Istana Negara. “Pemda Gowa diundang hadir di Istana Merdeka mewakili entitas Pemda yang berhasil meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil dari opini BPK sebanyak 5 kali berturut-turut,” ketika dihubungi lewat telepon.

Rakernas ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi berlangsung di Istana Negara Jakarta, Selasa (20/9).

Tema yang diusung dalam Rakernas adalah pengelolaan keuangan negara yang efektif dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan.

Sekda Gowa mengatakan, Jokowi mengimbau agar Pemerintah selain menargetkan perolehan opini sekaligus memperhatikan efektifitas pengelolaan keuangan. “Pemerintah daerah jangan hanya sekedar berfokus terhadap bagaimana meningkatkan opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) namun juga harus memperhatikan bagaimana pengelolaan keuangan berlangsung secara efektif dan efisien,” ketika acara pembukaan.

Efektifitas ini diharapkan jangan sampai energi Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih berfokus membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan fokus utama pada tugas teknisnya berkurang porsinya.

” Jangan sampai pegawai Pekerjaan Umum (PU) lebih banyak lembur dalam mempersiapkan kuitansi dan sebagainya untuk kelengkapan LPJ dibandingkan memantau kondisi jalan yang rusak ataupun irigasi yang harus direhab,” jelas Muchlis memberi contoh.

Rapat Kerja Nasional sendiri kemudian berlanjut di Kantor Kementrian Keuangan Republik Indonesia Gedung Dhanapala Jakarta. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh pemerintah kab/kota seluruh Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 4 =