Hadiri Peresmian Bersama, Bupati Gowa Sebut akan Segera Terapkan MPP Berbasis Digital 

#Upaya Berikan Pelayanan Termudah ke Masyarakat 

#Tindaklanjuti Arahan Menpan RB 

HUMASGOWA—-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri peresmian bersama Mal Pelayanan Publik yang diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis (7/3).

Ia mengatakan, MPP Gowa saat ini telah beroperasi sejak dilakukan Soft Launching pada (26/2) lalu, dimana MPP tersebut sebuah komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat lebih mudah dan terjangkau.

“Setelah Soft Launching akhir Februari lalu, hari ini kami menghadiri peresmian secara serentak MPP kabupaten/kota se-Indonesia termasuk Kabupaten Gowa, dimana ada 16 kabupaten/kota yang diresmikan oleh Bapak Menpan RB,” ungkapnya.

Ia berharap MPP Kabupaten Gowa akan menjadi solusi terbaik dalam memberikan pelayanan publik yang maksimal, nyaman dan mudah untuk masyarakat. Terlebih saat ini telah dilakukan penandatangan komitmen MPP berbasis digital yang nantinya juga akan diterapkan di Kabupaten Gowa.

“Saat ini kita telah mengakomodir sebanyak 147 jenis layanan yang tersebar di SKPD, BUMD, BUMN dan instansi vertikal. Insya Allah dalam waktu dekat akan mengaplikasikan dalam bentuk berbasis digital sesuai arahan pak Menpan RB,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gowa (DPM-PTSP), Indra Setiawan Abbas mengaku terkait penerapan MPP berbasis digital, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kemenpan RB dalam penggunaan aplikasi atau portal yang nantinya digunakan pada MPP Kabupaten Gowa.

“Ini akan segera kita tindaklanjuti dan akan berkoordinasi lebih lanjut oleh Kemenpan RB terkait aplikasi atau portalnya, karena pak bupati sudah menadatangani komitmen MPP berbasis digital itu, jadi untuk targetnya kita akan lihat dulu bentuk aplikasinya seperti apa dan mungkin aplikasi ini dari Kemenpan RB yang akan diadopsi di Kabupaten. Intinya kita akan tindaklanjuti secepatnya dan mempelajari portal atau aplikasinya untuk segera diterapkan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyebut 16 MPP yang diresmikan yakni MPP Kota Medan, MPP Kabupaten Siak, MPP Kabupaten Seluma, MPP Kabupaten Sarolangun, MPP Kabupaten Bangka, MPP Kabupaten Mesuji, MPP Kota Sukabumi, MPP Kabupaten Banjarnegara, MPP Kota Tegal, MPP Kota Probolinggo, MPP Kabupaten Katingan, MPP Kabupaten Lamandau, MPP Kabupaten Sukamara, MPP Kota Banjarmasin, MPP Kabupaten Gowa, dan MPP Kabupaten Wonosobo.

Pada kesempatan itu, terdapat 60 kepala daerah yang juga menyatakan komitmen peningkatan penerapan pengelolaan MPP Digital dimana tiga kabupaten/kota diantaranya turut meresmikan MPPnya secara serentak. Apresiasi juga disampaikan Menteri Anas kepada para kepala daerah yang telah menghadirkan MPP dan MPP Digital.

“Ini ada 216 MPP (MPP dan MPPD), sekali lagi tepuk tangan buat teman-teman yang punya komitmen MPP, karna dari 508 kabupaten/kota ini baru 216, berarti Bapak/Ibu memiliki komitmen yang sangat tinggi dan hari ini yang kita resmikan ada 16,” tutupnya.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

− 1 = 1