Harga dan Stok Komoditas di Pasar Minasa Maupa Aman dan Terkendali

– Wabup Gowa bersama Pj Gubernur Sulsel Lakukan Operasi Pasar 

HUMASGOWA — Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mendampingi Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin melakukan Operasi Pasar, di Pasar Minasa Maupa Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Rabu (18/10).

 

Abd Rauf mengatakan, pada kegiatan ini Pj Gubernur Sulsel mengecek stok dan harga sejumlah kebutuhan pokok.

 

“Hari ini saya mendampingi Bapak Pj Gubernur mengecek sejumlah kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, bawang, ikan, telur dan cabai,” ujar Wakil Bupati Gowa yang turut didampingi Dandim 1409 Gowa, Letkol INF Muhamad Isnaebi Natsir, Wakapolres Gowa, Kompol Soma Mihardja, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Taufik Mursad dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa, Syamhari.

 

Dari hasil operasi pasar tersebut, Abd Rauf mengungkapkan, stok kebutuhan pokok cukup, dan harga relatif terkendali, kecuali cabai yang mengalami kenaikan.

 

“Tadi Pak Pj Gubernur meminta kepada kami untuk melakukan intervensi terhadap kenaikan harga cabai ini dengan melakukan upaya pembelian cabai di daerah lainya. Tentu ini akan kami tindaklanjuti dan disampaikan kepada Bapak Bupati terlebih dahulu,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mengatakan membeli komoditi dari daerah lain merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengintervensi kenaikan harga cabai rawit ini.

 

“Saya sudah mohon Pak Wakil Bupati, juga dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perindag Gowa, hari ini mungkin akan dilakukan upaya membeli cabai di tempat produksinya Jeneponto, Wajo atau Enrekang,” harapnya.

 

Apalagi kata Bahtiar Baharuddin cabai menjadi bahan utama dalam bumbu masakan masyarakat Susel. Sehingga dirinya berharap kenaikan harga cabai ini bisa ditangani lebih cepat.

 

“Ini segera dilakukan, kasihan juga warga kalau terlalu mahal, kan orang Bugis-Makassar sukanya cobek cobek (sambal ulek),” harapnya.

 

Reski salah satu pedagang di Pasar Minasa Maupa mengungkapkan bahwa saat ini harga cabai Rp.35.000 per kg. Menurutnya ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan minggu lalu yang harganya Rp25.000 per kg.

 

“Untuk cabai kam ambil Rp32.000 per kg dan dijual Rp35.000 per kg, minggu lalu dijual Rp25.000 kg. Sedangkan cabai merah kami beli Rp16.000 per kg dan dijual Rp20.000 per kg, minggu lalu Rp15.000 per kg, harga ini sama dengan bulan lalu,” ungkapnya.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

− 7 = 3