HJG Ke-697 Tahun, Gowa Cetak Dua Rekor LEPRID dan Kado 4 M dari SYLSYL
HJG Ke-697
Gubernur Sulsel, H Syahrul YL serahkan Rp 4 M kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada HJG Ke-697 Tahun. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Gubernur Sulawesi Selatan, H Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan bantuan sebesar Rp 4 Milyar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa tepat di Puncak Peringatan Hari Jadi Gowa Ke-697 Tahun yang berlangsung di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jum’at (17/11).

Bantuan ini merupakan kado spesial untuk Gowa yang diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan untuk pembangunan di Gowa khususnya untuk renovasi pembangunan Masjid Agung Syekh Yusuf dan rencana renovasi pembangunan Lapangan Syekh Yusuf Discovery.

Pada HJG Ke-697 Tahun yang mengangkat tema “Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Kebersamaan Menuju Gowa Lebih Baik” ini turut hadir jajaran Muspida Provinsi Sulsel, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, Wakil Krtua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf, jajaran Muspida Kabupaten Gowa, sejumlah bupati/walikota se-Sulsel serta para mantan bupati, wabup dan sekda Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa mengatakan, Kabupaten Gowa begitu kaya dengan kearifan lokal dan kejayaan masa lalu yang hendaknya mampu menjadi motivasi untuk mencapai kejayaan dan keberadaban.”Kita harus mengambil peran demi kemajuan daerah, sejarah masa lalu memotivasi untuk mencapai kemajuan bersama dengan kerjasama dan saling bersinergi untuk mewujudkan Gowa yang lebih baik dan makin sejahtera,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Adnan menambahkan, tingkat kepuasan masyarakat Gowa selama setahun kepemimpinannya bersama Abd Rauf Malaganni berada diangka 74,9 persen. “Keberhasilan Gowa sejauh ini karena adanya hubungan dan sinergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dan berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Gowa,” terangnya.

Atraksi gendang tradisional dengan jumlah penabuh gendang 1.000 orang yang memainkan irama Tunrung Pakanjara’ secara serentak ini diawali dengan pemukulan gendang oleh Gubernur Sulsel, Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis.

Atraksi inipun tercatat pada rekor Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID) bersama dengan Gerakan Periksa Payudara Sendiri (Sadari) yang diikuti sebanyak 13.477 peserta di 697 titik secara serentak.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya mengharapkan, Hari Jadi Gowa Ke-697 Tahun ini menjadi momentum untuk menjadikan Gowa lebih baik, lebih maju, modern dan mandiri. “Saya senang mendengarkan Pak Bupati bilang Gowa harus dua kali lipat lebih gemilang dari Sulsel,” kata mantan Bupati Gowa ini.

Pada Puncak Peringatan HJG Ke-697 Tahun ini, Bupati Gowa juga menandatangani prasasti peresmian 12 proyek pembangunan sebagai bentuk komitmen Bupati Gowa dalam membangun Gowa lebih baik dan makin sejahtera kedepan yang didampingi Wakil Bupati Gowa dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sulsel.

Proyek tersebut diantaranya program bantuan inklusi di Kelurahan Buluttana, Kecamatan Tinggimoncong, pembangunan gudang lumbung pangan di Pattallassang dan Tompobulu, Sumber Daya Air (SDA) di Kecamatan Bontomarannu, pembangunan Puskesmas Parigi, pembangunan jamban di luar rumah replikasi PNPM di Kecamatan Bontolempangan, pembangunan irigasi tanah dangkal, gudang cadangan pangan, SDA di Kecamatan Biringbulu, pembangunan DAM Parit dan pembangunan embung.

Selain penandatanganan prasasti peresmian proyek-proyek pembangunan, Adnan juga memberikan bantuan berupa 50 unit motor dinas untuk 26 Puskesmas dan 90 unit komputer untuk 15 Puskesmas.

Kemeriahan HJG Ke-697 Tahun ini semakin bertambah dengan kehadiran seorang diva pop Indonesia, Titi DJ yang populer dengan lagu “Sang Dewi” dan membawakan sejumlah lagu andalannya dihadapan ribuan masyarakat Gowa.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

8 + 1 =