IDI Makassar Sebut Gerakan Sejuta Masker Langkah Efektif dan Efisien Cegah Penularan Covid-19

Humas Gowa—–Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar mengaku sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan Gerakan Sejuta Masker.

Humas IDI Kota Makassar, dr Wahyudi Muchsin mengatakan langkah Pemkab Gowa untuk membagikan masker kepada seluruh masyarakat merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memutus penularan Virus Corona atau Covid-19.

“Apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa menurut kami sudah sangat mengerti kondisi saat ini dengan keterbatasan infrastruktur Kesehatan ekonomi lagi terpuruk dengan gerakan Sejuta Masker ini menjadi sebuah solusi yang efektif dan efisien untuk menekan penyebaran virus ini,” ujarnya.

dr Wahyudi Muchsin menjelaskan bahwa penularan Covid-19 ini melalui droplet atau air liur. Bahkan menurutnya saat ini WHO kembali mengeluarkan imbauan bahwa penularan juga melalui udara.

“Tentunya yang pelung penting adalah memakai masker. Dengan memakai masker apa yang ditakutkan itu termasuk edaran terbaru WHO bahwa penularan Covid-19 melalui udara itu bisa diminimalkan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa pintu masuk dari penularan Covid-19 ini melalui mulut, hidung dan mata. Sehingga dengan penggunaan maskar ini selain melindungi orang lain juga akan melindungi diri sendiri.

“Gerakan Sejuta Masker yang kita lakukan ini untuk mendisiplinkan masyarakat kita agar bisa melindungi dirinya, melindungi keluarga dan melindungi kulit orang yang ad di sekitarnya,” jelaskan.

Orang nomor satu di Gowa ini berharap masker ini akan menjadi sebuah tatanan baru dan bagian dari gaya hidup masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, Gerakan Sejuta Masker ini sebagai upaya tidak lanjut dari penerapan Peraturan Bupati Wajib Masker dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan.

“Olehnya saya berharap ketika Perda ini sudah selesai dan diberlakukan malas semua masyarakat sudah didistribusikan masaker dan mereka betul-betul mereka bisa memakai masker,” harapnya.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

9 × = 27