Mentan RI Harap Polbangtan Gowa Bisa Ciptakan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Humas Gowa—–Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kabupaten Gowa menciptakan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Hal ini disampaikan mantan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dua periode ini saat meresmikan Gedung Sarana dan Prasarana Pendidikan Polbangtan Gowa, Rabu (29/7) malam. Menurutnya ini penting agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Lanjutnya, SYL menyebutkan bahwa Polbangtan ini merupakan salah satu kekuatan masa depan pertanian yang tentu akan berkembang lebih maju, lebih modern dan mampu membangun kemandirian petani, kemandirian daerah dan kemandirian nasional terhadap kebutuhan masyarakat.

“Kita berharap Polbangtan ini merubah agenda pertanian kita yang bersesuaian dan beradaptasi dengan tantangan-tantangan baru pertanian baik dari segi keilmuan riset, sains maupun dengan teknologi-teknologi yang ada,” ujar SYL.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghadirkan pertanian yang maju, mandiri dan modern kata SYL yaitu dengan melahirkan penyelenggaraan pertanian hebat dan cerdas yang tentu memiliki nasionalisme dan agama yang baik.

“Pendidikan dengan karakter yang baik di sekolah ini, di Polbangtan Gowa ini menjadi jaminan besok semua akan hadir kekuatan di semua daerah di Indonesia yang mampu menjaga rakyat dan bangsa yang lebih baik,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pertanian modern adalah penyelenggaraan pertanian yang mampu menggunakan mekanisasi dengan teknologi tinggi seperti melakukan artificial intelijen dan melakukan internet of thinking dari sebuah program yang di schedule.

“Gambaran saya kalau petani modern adalah, kalau biasanya petani biasa menggarap 1 hektar 4, maka petani modern dia menggarap 4 hektar 1 hari. Petani yang hebat yang dihadirkan Polbangtan ini petani yang tangan dan kakinya tidak menyentuh lumpur lagi,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga berharap Polbangtan Gowa bisa mencetak alumni yang mampu menjadi entrepreneur pertanian dan menjadi pionir-pionir yang bisa menciptakan lapangan kerja di daerah masing-masing.

“Saya mau mereka itu dipakai oleh satu kecamatan. Kalau perlu dia komandannya penyuluh, kalau sudah keluar daei sini karena ilmunya lebih bagus dan mereka harus mampu menciptakan lapangan kerja baru. Bukan dia yang jadi pekerja,” harapnya

Dalam laporannya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementan RI, Prof Dedi Nursyamsi yakin dengan adanya sejumlah fasilitas ini, Polbangtan bisa mencetak petani-petani millenial yang akan mengembangkan pembangunan pertanian di Indonesia.

“Insya Allah Polbangtan Gowa ini sangat diharapkan untuk pembangunan pertanian kita utamanya menyambut pertanian maju mandiri dan modern,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni di sela-sela persemian juga berharap dengan hadirnya sejumlah sarana dan prasarana Pendidikan di Polbangtan Gowa ini bisa mencetak tenaga-tenaga yang andal di bidang pertanian dan bisa tentuny memajukan pertanian di Kabupaten Gowa.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 67 = 74