Menu DU Bontolempangan Manfaatkan Bahan Lokal Hasil Kebun Masyarakat

Penyaluran makanan buka puasa dari dapur umum untuk masyarakat

Humas Gowa—–Sejak pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa, seluruh kecamatan diwajibkan memiliki satu dapur umum untuk mencover masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan manapun, ataupun masyarakat yang tidak memiliki identitas Kabupaten Gowa.

Salah satunya Dapur Umum Kecamatan Bontolempangan, yang dikelola oleh TP PKK Kecamatan Bontolempangan bersama organisasi perempuan hingga organisasi sosial masyarakat.

Ketua PKK Kecamatan Botolempangan, Jumiati Muslimin mengatakan setiap harinya pihaknya menyediakan 50-75 porsi nasi dos untuk diberikan kepada masyarakat terdampak disekitar wilayahnya.

Untuk sumber bahan yang digunakan kata Jumiati, merupakan hasil kebun masyarakat setempat yang kemudian diolah menjadi menu-menu lokal yang bervariasi.

“Makanan yang dibuat bervariasi setiap hari sesuai dengan bahan apa yan ada di daerah kami seperti ayam, ikan, sayur, tempe, tahu, telur, perkedel jagung, sambel dan lainnya,” katanya saat dihubungi via whatsapp Rabu (13/5).

Terkait pendistribusian makanan, dilakukan dengan pengantaran langsung dengan melibatkan satpol pendidikan yg bertugas di posko induk kecamatan sesuai domisili masing-masing, karena dianggap merekalah mengetahui orang yang layak dapat makanan di desanya.

” Kami berinisiatif untuk diantar seperti itu karena tidak ada orang mau datang karena merasa malu dan lagi pula jarak dapur umum dengan pemukiman masyarakat/antar desa berjauhan, jadi kami melibatkan satpol pendidikan yang ada disni,” tambah Jumiati.

Olehnya dirinya berharap melalui dapur umum ini masyarakat di daerahnya khsusunya yang kurang mampu merasakan diperhatikan oleh pemerintah setempat dan tidak ada alasan lagi untuk tidak mengikuti aturan PSBB karena semuanya dilakukan untuk kepentingandan tujuan bersama yaitu memutus mata rantai penularan covid-19. (JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 2 = 4