Pastikan Anggaran Covid-19 Pemprov Tersalurkan, Banggar DPRD Sulsel Berkunjung Ke Gowa

Humas Gowa — Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Posko Induk Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (30/04).

Pimpinan Banggar DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga mengatakan kedatangan ke Kabupaten Gowa untuk melihat sejauh mana dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap Kabupaten Kota dalam penanganan Covid-19 khususnya Kabupaten Gowa.

Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan anggara percepatan Penanganan Covid-19 bisa betul-betul sampai. Terkhusus untuk daerah yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan salah satunya Kabupaten Gowa.

“Kedatangan kami untuk memantau dan pengawasan terhadap anggaran yang sudah kita setujui di DPR untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Harapan kami pemprov sudahbergerak cepat memberikan suporting dukungan kepada pemerintah kabupaten kota, terutama yang masuk ke zona merah,” kata Fahruddin.

Fahruddin menyebutkan pihak legislatif Provinsi Sulawesi telah menyetujui anggaran percepatan penanganan covid-19 di Sulsel sebesar Rp500 miliar. Sementara untuk tahap pertama akhir Mei ini sebesar Rp250 miliar.

“Mudah-mudahan anggaran ini efektif dan kita berdoa kedepannya anggaran ini tidak terpakai semua untuk persoalan Covid-19 ini. Tetapi paling tidak ada langkah-langkah antisipatif yang kita sudah persiapkan lebih awal sebesar Rp500 miliar ini untuk penangan Covid-19,” lanjutnya.

Ia juga berharap Pemprov Sulsel lebih memberikan perhatian kepada daerah-daerah yang masuk zona merah dan penangan Covid-19 di Kabupaten Gowa yang akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa berjalan dengan lancar dan Sukses.

“Mudah-mudahan itu bisa berjalan efektif dengan pemberlakuan PSBB yang begitu ketat dan disiplin menjaga wilayah khususnya di perbatasan. Saya kira ini adalah 1 langkah tepat dipilih Gowa,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis saat menerima rombongan Banggar DPRD Sulsel mengatakan sejauh ini Pemprov Sulsel telah memberikan dukungan kepada Pemkab Gowa dalam penanganan Covid-19 ini.

“Dukungan DPRD Provinsi bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi dalam rangka PSBB ini sangat bagus. Pak Gubernur menyiapkan skim sembako untuk warga yang ada di dalam daftar DTKS dan ini kita akan sinergikan dengan APBD Kabupaten,” ujar Muchlis didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol.

Selain dalam bentuk sembako, Pemprov juga kata Muchlis sudah menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang telah disalurkan kepada Rumah Sakit dan Puskesmas-puskesmas di Kabupaten Gowa.

“Ini juga kita sudah serahkan untuk teman-teman petugas yang bersentuhan langsung di lapangan. Seperti petugas Ambulans, pemakaman dan pengantar bantuan sembako ke lokasi-lokasi ODP dan PDP,” jelasnya.

Ia juga menambahkan jelang PSBB Kabupaten Gowa yang dijadwalkan pada Senin (04/05) mendatang, Pemkab Gowa telah melakukan sosialisasi dan akan menyalurkan bantuan Sosial kepada masyarakat sebelum PSBB. Termasuk juga akan memperketat pengawasan di seluruh perbatasan Gowa.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

7 × 1 =