Pemkab Gelar Rakor Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa Tahun 2014

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2014. Rakor ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jumat (19/12).

Baharuddin Mangka menegaskan, ketahanan pangan merupakan isu yang penting bagi bangsa Indonesia dan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dan upaya pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan tantangan yang tidak ringan.

“Tantangan berat yang dihadapi antara lain adanya pertambahan jumlah penduduk dengan laju pertumbuhan rata-rata. 1,30 persen per tahun yang berakibat permintaan pangan meningkat dalam volume yang semakin besar,” katanya dihadapan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel, H Asri Agung Pananrang dan para peserta rakor.

Baharuddin Mangka menambahkan, pemenuhan pangan tidak hanya berkaitan dengan kuantitas, namun juga kualitas gizinya sehingga Pemkab bertugas menjamin penyediaan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, aman dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat Kabupaten Gowa.

“Kualitas penyediaan pangan sangat erat hubungannya dengan keberhasilan peningkatan produksi yang harus didukung dengan ketersediaan lahan pertanian yang memadai dan berkelanjutan,” tegas Sekda Gowa ini.

Dia berharap, dengan adanya Rakor Dewan Ketahanan Pangan yang dilaksanakan tiap tahun ini dapat dirumuskan langkah-langkah konkrit dan dapat diimplementasikan untuk menjadi komitmen bersama sebagai bentuk keseriusan Pemkab dalam membangun dan memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Gowa, sehingga dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan handal dalam segala aspek kehidupan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 7 =