Pemkab Gelar Rakor Penyelenggaraan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah
Rakor Jum'at Ibadah
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka rapat koordinasi penyelenggaraan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah Tahun 2017. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah Tahun 2017 yang berlangsung di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (11/1).

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya rakor ini¬†untuk menyamakan pemahaman mengenai arah kebijakan Pemkab Gowa mengenai Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah Tahun 2017.

“Rakor ini diharapkan agar para pemangku kewajiban, stakeholder, tim dakwah dan koordinator Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah kabupaten dan kecamatan dapat mengetahui secara teknis tugas dan tanggungjawab mereka masing-masing dalam pelaksanaan Jum’at Ibadah di setiap wilayah di Kabupaten Gowa yang pelaksanaan setiap hari Jum’at,” kata Syamsuddin Bidol.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka rakor ini mengutarakan, terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak atas dukungan dan partisipasinya dalam pelaksanaan Jum’at Ibadah yang telah berlangsung selama ini, bahkan Adnan meminta agar sekolah-sekolah juga ikut melaksanakan Jum’at Ibadah.

“Saya harap sekolah-sekolah yang berada di bawah Kementrian Agama Kabupaten Gowa juga wajib melaksanakan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah setiap hari Jum’at sebelum jam pertama mata pelajaran dimulai, begitu juga dengan pelaksanaan Jum’at Ibadah di kecamatan, kelurahan dan desa untuk tetap dilanjutkan,” pesan Adnan dihadapan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gowa, H Anwar Abu Bakar.

Menurut Adnan, pelaksanaan Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah di sekolah-sekolah dimaksudkan agar generasi bangsa sejak dini di sekolah-sekolah diperkenalkan akhlak dan moral yang baik sehingga terwujudlah pribadi-pribadi yang berkualitas dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya yang membawa perubahan dalam pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Terkait hal tersebut, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Gowa menyambut baik harapan Bupati Gowa, bahkan menurut Anwar pada tingkat madrasah setiap hari Jum’at para siswa madrasah melakukan tausyiah selama 15 menit pada jam pertama mata pelajaran.

“Kami akan adakan penegasan untuk pelaksanaan Jum’at Ibadah di madrasah, karena ini tentunya memiliki dampak positif bagi para siswa. Kami selalu siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Gowa,” tegas Kepala Kementrian Agama Kabupaten Gowa ini.

Rakor yang diikuti sebanyak 88 orang peserta yang merupakan para camat, lurah, kepala desa, tim dakwah dan koordinator Jum’at Ibadah tingkat kabupaten dan kecamatan ini turut dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Gowa, H Muh Asrul, Perwakilan Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Gowa, Zainuddin Kulle.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

42 − = 40