Pemkab Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-89
Sumpah Pemuda
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan penghargaan kepada tiga orang pemuda berprestasi asal Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa beserta jajaran Muspida Kab.Gowa, Para Pimpinan SKPD Pemkab Gowa, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Organisasi Kepemudaan dan perwakilan pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Gowa memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017.

Peringatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (30/10) dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai inspektur upacara.

Adnan membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengatakan, Delapan puluh sembilan tahun lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul disebuah gedung di jalan Kramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta, Mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa.

“Sumpah pemuda yang dibacakan diarena kongres ke-2 dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah, yang jika kita membaca dokumen sejarah kongres pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres,yang berasal dari pulau-pulau terjauh indonesia yang secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah” ungkapnya.

Bupati Adnan menambahkan, “Kita sebagai generasi penerus patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda, Langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas patut kita teladani, karena era saat ini sarana dan prasarana yang sangat mudah justru lebih sering berselisih paham, mudah sekali memvonis orang, mudah terpecah belah, saling mengutuk serta menebar fitnah,”ungkapnya lagi dihadapan peserta upacara.

Bupati Adnan juga berpesan, para pemuda -pemudi harus mempersiapkan diri menghadapi era globalisasi dan tekhnologi ini, “Mereka harus mempersiapkan diri dengan ilmu, mental, serta ide-ide yang dapat memberikan sumbangsi yang bermanfaat bagi Bangsanya terkhusus bagi daerahnya,” pesannya kepada semua pemuda/pemudi Kab.Gowa.

Dikesempatan ini pula Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memberikan piagam penghargaan kepada 3 Pemuda Kab. Gowa yang berprestasi tahun 2017.

Ketiga pemuda ini adalah, Saddan Husain yang berasal dari Bajeng, yang menjadi duta pemuda kreatif Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2017 Bidang Radio dan Televisi, yang diberikan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, selanjutnya, Jamaluddin, asal dari Tombolopao, merupakan pemuda berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017, Bidang Pendidikan (Menghapus Buta Huruf melalui Rumah Koran) yang dijuluki “Sang Pencerdas Anak Petani Dari Gowa”, yang dilaksanakan oleh Astra Internasional dalam acara Satu Indonesia Award 2017, Inspirasi 60 Tahun Astra, dan yang terakhir Akbar Ilham, Asal Bontonompo, Pemuda Kreatif di bidang Pertanian yang mempelopori dan mengembangkan Varietas Benih Padi Unggulan Dengan Tenaga Nuklir, mampu meningkatkan hasil produksi pertanian hingga 100% bahkan lebih yang mendapat pengakuan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional serta pernah menjadi narasumber di kegiatan International Conference On The IAEA Technical Cooperation Program di Vienna, Austria.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

5 × 5 =