PMI Sulsel Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19 di Gowa

#Sejumlah Organisasi dan Lembaga Bantu Gowa Tangani Covid-19

Sekda Gowa, Muchlis saat menerima bantuan dari PMI Sulsel.

Humas Gowa—–Sebagai daerah terbesar kedua penyebaran virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan, saat ini Kabupaten Gowa terus memperoleh dukungan dari berbagai lembaga maupun organisasi.

Dukungan tersebut berupa bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk penanganan Covid-19 seperti yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan.

Komandan Satgana PMI Sulsel, Muh Fajar Karnah mengatakan sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Gowa, pihaknya memberikan sejumlah alat penyemprot disinfektan kepada PMI Kabupaten Gowa untuk digunakan di Kabupaten Gowa.

Beberapa alat yang diserahkan yaitu, satu unit mobil pick up, dua buah tandon masing-masing kapasitas 200 liter, satu alat sprayer, selang 50 meter, sepatu boot safety 5 buah, kaos tangan safety 5 buah dan 15 liter kaporit bahan disinfektan.

“Kita berharap semoga PMI Kabupaten Gowa bisa memutus mata rantai ini dengan berkoordinasi dengan gugus tugas di Pemda Kabupaten Gowa untuk melakukan penyemprotan di berbagai sarana-sarana umum dan perkantoran,” ujar Fajar di sela-sela penyerahan bantuan di Kantor Bupati Gowa, Selasa (14/4).

Pada kesempatan yang sama Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa pakaian hazmat sebanyak 50 pasang yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor 1 Unismuh, Dr. Ir. H. Abdul Rakhim Nanda, MT., IPM di Posko Induk Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H Muchlis mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PMI Sulsel dan pihak Kampus Unismuh Makassar. Menurutnya dengan adanya bantuan ini akan mencukupi APD untuk tenaga medis yang ada di Kabupaten Gowa.

“Ternyata di tengah pandemi yang masuk ke wilayah kita yang episentrumnya ada di kota Makassar, Gowa dan Maros untuk. Sulawesi Selatan ini menggugah keprihatinan dan partisipasi berbagai elemen masyarakat termasuk organisasi,” ujar Muchlis didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol yang juga merupakan Wakil Ketua PMI Kabupaten Gowa Bidang Bencana.

Bantuan ini kata, Muchlis akan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan akan disalurkan sesuai kebutuhan. Termasuk pemanfaatan mobil dari PMI Sulsel akan digunakan di wilayah kecamatan atu kelurahan yang masuk pandemi zona merah di Kabupaten Gowa.

Muchlis menambahkan beberapa hari kedepan Kabupaten Gowa akan kembali menerima bantuan dari beberapa perusahaan yang berdomisili atau yang melakukan kegiatan operasional di Gowa.

“Mereka juga akan membantu kita secara berturut-turut kita akan mendapatkan APD. Jadi untuk teman-teman yang ada di pelayanan kesehatan itu Insya Allah akan tercukupi APD. Kemudian obat-obatan suplemen itu, ada beberapa juga yang menjanjikan,” tambahnya.(JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 8 = 80