Progres Pembangunan Jalan Alternatif Pangkabinanga Pallangga Sudah 80 Persen 

– Upaya Pemerintah Urai Kemacetan

– Mulai Dilakukan Uji Coba Bagi Pengendara Motor 

HUMASGOWA—–Pembangunan Jalan Alternatif Keluruhan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, menuju Poros Pallangga yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengurai kemacetan kini memasuki tahap ujicoba.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat meninjau langsung pembangunan tersebut mengatakan, saat ini progres pembangunan jalan alternatif yang dibangun mulai akhir tahun 2023 lalu sudah di angka 80 persen.

“Progresnya sudah 80 persen dan hanya memang tahun ini baru dianggarkan lagi untuk pembangunan jalan beton lanjutannya, meskipun ada kendala-kendala teknis, tapi tadi sudah bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Dengan progres itu kata Adnan, Jalan Alternatif ini sudah dilalui pengendara untuk di uji coba beberapa waktu lalu (sebelum Idul Fitri) yang dikhususkan bagi pengendara motor. Pasalnya jalan tersebut belum rampung 100 persen.

“Bulan ini sudah digunakan sementara untuk ujicoba. Insya Allah pembangunan lanjutannya akan dianggarkan pada perubahan nanti,” sebut Adnan.

Salah satu masyarakat Kecamatan Pallangga, Farida mengaku sangat terbantu dengan jalan alternatif ini. Menurutnya jika selama ini terjadi kemacetan yang sangat panjang khususnya saat pukul 07.00 – 08.00 pagi dan sore 16.00 hingga maghrib di Jembatan Kembar, namun setelah jalan alternatif ini dibangunan kemacetan mulai berkurang.

“Pasti kami sangat setuju dengan pembangunan jalan ini karena bisa mengurai kemacetan, dan alhamdulillah dua hari sebelum lebaran sudah mulai digunakan,” sebutnya.

Tak hanya mengurai kemacetan kata Farida, dirinya yang tinggal di sekitaran pembangunan jalan alternatif ini juga sangat terbantu karena pemerintah membuat saluran air sehingga mampu memiminimalisir terjadinya banjir atau genangan.

“Perubahan yang signifikan juga setelah ini dibangun adalah, biasanya depan rumah kami banjir atau tergenang namun karena terdapat saluran dibawah jalan yang dibangun maka kini tidak ada lagi genangan air di sekitaran rumah kami,” jelasnya.

Olehnya ia berharap pembangunan ini bisa segera rampung agar mampu digunakan secara keseluruhan, sehingga semakin mengurai kemacetan yang sering terjaadi di Jalan Poros Pallangga – Takalar ini.

Pada peninjauan jalan alternatif ini, Bupati Gowa turut didampingi Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perhubungan, Camat Pallangga dan beberapa perwakilan SKPD terkait.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

26 − = 25