Raih Juara 2, Capaian Pelayanan KB Akseptor di Gowa Lebihi Target Nasional

HUMASGOWA—-Kabupaten Gowa menjadi juara 2 sebagai kabupaten ataunkota terbaik tingkat nasional pada kategori Kelompok Target Pelayanan KB > 1.500 Akseptor pada Kegiatan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor. Penghargaan ini merupakan bagian dari Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tahun 2022.

Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat mengikuti Rapat Evaluasi Komunikasi Informasi & Edukasi (KIE) Percepatan Penurunan Stunting Bersama TPPS dan Ketua TPPS Kabupaten/Kota Tingkat Sulawesi Selatan di Novotel Hotel Makassar, Selasa (20/12).

Abd Rauf yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gowa mengatakan bahwa tentu penghargaan ini bisa dicapai berkat kerja bersama yang dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa bersama dengan jajaran dan SKPD terkait.

“Tentu capaian ini berkat kolaborasi Dinas PPKB dan seluruh pihak terutama Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan KB Akseptor kepada masyarakat, sehingga target nasional bisa kita capai,” ungkapnya.

Dirinya berharap capaian ini bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan, serta menjadi motivasi untuk terus bekerja dengan baik. Terutama dalam memberikan pelayanan KB Akseptor kepada masyarakat Kabupaten Gowa.

“Tujuan diselenggarakannya Pelayanan KB Sejuta Akseptor adalah meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas dan meningkatkan komitmen pemerintah pusat, pemerintah daerah serta mitra kerja tentang Program Bangga Kencana serta meningkatkan capaian peserta KB baru dan menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Gowa, Sofyan Daud mengatakan bahwa penghargaan ini diterima berkat kolaborasi. Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang selalu meminta jajarannya untuk memperkuat kolaborasi.

“Jadi kami tentunya berkolaborasi dengan seluruh pihak, terutama Dinas Kesehatan tentunya, bidan, kemudian Puskesmas kemudian ada Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Kader PPKBD kita dan PKK, TNI yang selalu membantu kita dan berkolaborasi dengan kita dalam rangka untuk mencapai 1.500 akseptor itu,” ujarnya.

Sofyan menyebutkan bahwa Kabupaten Gowa berhasil mencapai 15.000 Pelayan KB Akseptor. Menurutnya, ini jauh di atas skala nasional yang hanya sebesar 1.500. Capaian ini membuat Kabupaten Gowa sebagai daerah kabupaten/kota tertinggi kedua nasional.

“Kita masuk dalam kategori Juara 2 tingkat nasional. Satu Kabupaten di Pulau Jawa yang mengalahkan Kabupaten Gowa. Jadi, memang ada pemetaan bahwa yang mencapai sekian akseptor akan di lombakan, dan Alhamdulillah kita tertinggi kedua secara nasional,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga turut hadir mendampingi Wakil Bupati Gowa, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Haris. (JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

24 − = 23