RPJPD Gowa 2025-2045 Disusun untuk Wujudkan Menuju Indonesia Emas 

– Buka Musrenbang RPJPD Gowa 2025-2045

HUMASGOWA—–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan bahwa rumusan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gowa Tahun 2025-2045 fokus pada keberlanjutan pembangunan. Termasuk dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045.

Hal ini diungkapkan Adnan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 di Gedung Serbaguna Lapangan Golf Padivalley, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Selasa (21/5).

“Arah pembangunan harus disusun selaras dengan target pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 yaitu Terwujudnya Indonesia Sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Bekelanjutan,” tegasnya.

Dijelaskan Adnan, Musrenbang yang hari ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti arahan dari Peraturan Presiden RI dalam rangka melakukan rencana pembangunan jangka panjang 20 tahun terhitung mulai tahun 2025 hingga 2045.

“Inilah mengapa ada Pilkada serentak supaya perencanaan pembangunan mulai dari pemerintah pusat, provinsi sampai dengan pemerintah daerah kab/kota bisa sejalan. Sehingga setelah dilakukan pelantikan di tahun 2025 para kepala daerah terpilih sudah memiliki pedoman arah pembangunan,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Lebih lanjut, Adnan menyebut RPJPD yang disusun ini nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan RPJMD 5 tahunan dan RKPD setiap tahunnya yang bertujuan agar pembangunan terarah, terukur dan efektif serta adanya pembangunan berkelanjutan.

“Belajar dengan negara Singapura yang bisa maju hingga saat ini ternyata karena adanya pembangunan yang berkelanjutan, dan hingga saat ini tetap konsisten menerapkan keberlanjutan pembangunan,” kata Adnan.

Olehnya ia berharap, dengan adanya keberlanjutan pembangunan yang akan dilakukan akan membawa Kabupaten Gowa menjadi daerah yang lebih baik, lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera di masa yang akan datang.

Sementara Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala BKPSDM Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan bahwa dalam melakukan penyusunan RKJPD masing-masing daerah perlu memperhatikan strategi pelaksanaan pembangunan dengan memperhatikan isu-isu global yang ada.

“Musrenbang ini merupakan forum dialog antara seluruh pemangku pembangunan di daerah untuk mensinkronkan perencanaan pembangunan provinsi dengan perencanaan pembangunan kabupaten kota. Arah kebijakan harus dipadukan dengan kebutuhan masyarakat dari bawah dengan mempertimbangkan dari berbagai aspek,” ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala Bappeda Gowa Sujjadan mengatakan, Musrenbang ini dilaksanakan sebagai tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dengan memperhatikan masukan dari pihak-pihak terkait langsung maupun tidak langsung secara partisipatif dalam rangka penyempurnaan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Tujuannya adalah menampung berbagai masukan dan usulan dari stakeholders dalam rangka penajaman penyelarasan dan penyempurnaan rancangan RPJPD Gowa tahun 2025,” katanya.

Tak hanya itu, dokumen RPJPD ini disusun secara imperatif berdasarkan penyelarasan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional dan RPJP Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana, visi Kabupaten Gowa 2045 adalah Gowa Maju Unggul dan Berkelanjutan.

Ia menjelaskan, Gowa maju ditandai dengan kondisi ekonomi yang tumbuh signifikan sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera, mandiri dan berdaya saing serta tangguh terhadap perkembangan ekonomi global. Sementara Gowa unggul ditandai dengan kondisi masyarakat memiliki tingkat kualitas hidup lebih cerdas, inovatif, kompetitif, inklusif tangguh terhadap perubahan sosial budaya dan didukung dengan pelayanan publik yang responsif dan kolaboratif berbasis teknologi informasi.

“Sementara berkelanjutan ditandai dengan tetap mempertahankan keberlanjutan sumber daya alam dengan kualitas lingkungan hidup yang aman dan layak,” jelas Sujjadan.

Diakhir kegiatan Bupati Gowa yang didampingi Wakil Bupati Gowa menyerahkan penghargaan kepada sejumlah perencanaan OPD Terbaik yakni Dinas Pendidikan, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Sementara untuk pelaksana Musrenbang kecamatan Terbaik adalah Kecamatan Barombong, Kecamatan Bungaya dan Kecamatan Somba Opu, serta Penghargaan Kepada Mitra Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa yakni, Baznas Kab. Gowa, USAID ERAT, USAID IWASH TANGGUH dan USAID Momentum. (VH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

5 × = 40