Sekda Gowa Apresiasi Turnamen Pencak Silat Kodim 1409 Gowa
Suasana pembukaan pencak silat di Lapangan Makodim Gowa, Kamis (12/3).

HUMASGOWA—–Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H Muchlis menghadiri Pembukaan Pertandingan Pencak Silat dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 1409 Gowa di Lapangan Makodim 1409 Gowa, Kamis (12/3).

Muchlis mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan ini menjadi momentum untuk membangkitkan dan memotivasi seluruh perguruan-perguruan dan padepokan pencak silat di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kita berharap dengan adanya turnamen yang dilakukan Kodim 1409 ini, insya Allah ini akan menjadi motor yang memicu lokomotifnya upaya pembinaan prestasi bela diri pencak silat di Kabupaten Gowa untuk menjadi selalau tampil yang terbaik di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Sementara itu, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh. Syuaib dalam sambutannya mengatakan pertandingan Pencak Silat ini sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak mudah diklaim oleh negara lain.

“Kita tahu bersama bahwa beberapa budaya kita sendiri juga sudah mulai diklaim atau diakui oleh negara-negara lain seperti Malaysia. Ada beberapa tari yang diklaim bisa juga nanti pencak silat diklaim. Untuk itu saya mulai dari sekarang pelan-pelan kita mencoba semua budaya-budaya kita mulai dari pencak silat sebelum klaim sama dengan tari,” ujarnya.

Pertandingan Pencak Silat ini kata Letkol Arh Muh Syuaib melibatkan pesilat seluruh Kabupaten Gowa yang mewakili Koramil di setiap kecamatan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan kembali seni beladiri bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, Letkol Muh Syuaib mengatakan kegiatan yang diikuti sekitar 150 orang peserta ini juga untuk mencari atlet-atlet pencak silat. Oleh itu, ia berharap kegiatan tersebut tak hanya sekedar memperebutkan juara semata, akan tetapi dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat yang nantinya akan membawa nama baik Kabupaten Gowa.

“Tadi saya sudah ngobrol banyak sama Pak Sekda, ternyata Gowa ini yang namanya olahraga-olahraga yang memicu adrenalin, namanya beladiri hampir selalu berjaya di pentas sampai nasional bahkan internasional itulah hebatnya Gowa. Melalui pertandingan olahraga ini mungkin nanti ada kita mungkin banyak yang punya bakat seperti itu kita lihat, kita amati dan kita bimbing serta kita bina supaya ke depan bisa membesarkan nama baik kabupaten Gowa Insya Allah,” harapnya.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 6 = 36