HUT Infanteri
Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni menerima Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. -foto/humas-

GOWA—–Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni bertindak sebagai inspektur upacara pada serah terima Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka memperingati HUT Korps Infanteri ke-72 Tahun di Lapangan Sepak Bola Samaya, Kecamatan Bontomarannu, Senin (18/12) malam.

Lapangan Samaya merupakan titik pergantian antara peleton IX ke peleton X dan merupakan titik terakhir sebelum finish di Makodam XIV Hasanuddin esok harinya.

Peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini terdiri dari dua peleton dari Batalyon Infanteri 700/Raider dan satu peleton pendamping dari Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri.

Serah terima peleton beranting ini ditandai dengan penyerahan simbol dan penandatanganan berita acara simbol Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya, kemudian dilepas lagi oleh Wabup Gowa menuju titik akhir di Makodam XIV Hasanuddin.

Perjalanan pasukan infanteri ini terdiri dari 10 (sepuluh) peleton dan telah berjalan dari Kabupaten Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Gowa kemudian menuju Makassar esok harinya (19/12).

Abd Rauf dalam sambutannya menyampaikan sejarah panjang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan salah satunya adalah Jendral Soedirman.

“Gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya adalah suatu tradisi yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Infanteri sebagai upaya untuk menggambarkan dan menghadirkan kembali perjalanan gerilya Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Jenderal Soedirman, yang juga merupakan Bapak TNI,” jelasnya.

Peringatan Hari Infanteri yang diselenggarakan setiap tanggal 19 Desember kata Abd Rauf, bahwa bagaimana nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa itu diresapi, dihayati dan diamalkan pada setiap diri prajurit, baik dalam pola pikir, pola tindak maupun prilaku, sehingga warisan nilai yang ada akan dapat terjaga sampai kapanpun.

“Dalam rangkaian peringatan inilah Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dengan mengawal panji-panji atau simbol Korps Infanteri dilaksanakan guna menggelorakan semangat dan meresapi nilai-nilai patriotisme para pahlawan,” pesan Wabup Gowa ini kepada para jajaran TNI-AD yang turut dihadiri Kepala Staf Kodim 1409 Gowa, Nurdin Rauf. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

5 × = 10