SUNGGUMINASA——Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menerima kunjungan dari rombongan program wisata budaya maritas Indonesia, Selasa (10/5). Program yang digelar oleh Maritage Indonesia ini merupakan program wisata budaya sekaligus penggalangan dana untuk anak-anak tuna rungu.
Khusus tahun ini, Maritage menamakan program wisata budaya maritas, Makassar Yuukkk. Bupati Gowa menerima rombongan ini di Istana Tamalate, Ballalompoa.
Saat memberikan sambutan penerimaan, Adnan mengajak Maritage Indonesia, untuk tahun selanjutnya kembali berkunjung ke Gowa dengan nama program Gowa Yuukkk. “Gowa memiliki banyak pesona wisata. Salah satunya, Malino. Kedepan Malino akan dijadikan kota bunga. Para kelompok tani akan diajak membudidayakan dan mengembangkan pertanian bunga. Jadi saya mengajak Maritage untuk kembali ke Gowa dengan nama program Gowa Yuukkk,” ungkapnya.
Gowa, kata Adnan, dikenal dengan peninggalan budayanya. “Salah satunya Ballal Lompoa atau di zaman kerajaan adalah rumah jabatan raja. Ada juga Istana Tamalate,” ucapnya.
Selain itu, jelas bupati termuda di Indonesia Timur ini, di Gowa juga memiliki wisata budaya makam-makam raja. “Ada juga masjid tertua di Indonesia Timur, Masjid Tua Katangka, termasuk Benteng Somba Opu,” ungkap Adnan.
Sementara itu, Ketua Panitia Wisata Budaya Maritas Indonesia, Dhanny Dahlan, menyambut baik ajakan Bupati Gowa. “Program ini adalah bentuk penggalangan dana untuk tuna rungu. Tahun sebelumnya kita gelar di Jawa tepatnya di Solo, dengan nama Solo Yuukkk,” kata Dhanny. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

6 × 1 =