Bupati Canangkan Kampung KB di Kampili

Pencanangan Kampung KB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menabuh gendang sebagai tanda dicanangkannya Kampung KB di Kampili. -foto/humas-

PALLANGGA—-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL canangkan Kampung KB yang dirangkaikan dengan Pembinaan Desa di Dusun Je’nemadinging, Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Senin (14/3).

Pencanangan Kampung KB ini dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Rini Riantika Jauhari Direktur IPDN Kampili Sulsel, A Masrich, jajaran Muspida Kabupaten Gowa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan beserta jajarannya, para pimpinan SKPD dan para camat se-Kabupaten Gowa.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) Kabupaten Gowa, Syamsu Rijal mengatakan, pencanangan kampung KB dan pembinaan desa adalah gerakan dari program-program KB yang bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya.

“Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga, yang pada tujuan akhirnya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” terang Syamsu Rijal dihadapan ratusan peserta yang terlibat dalam Kampun KB ini.

Sedangkan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Rini Riyantika Djohari mengutarakan, dengan adanya pencanangan program Kampung KB oleh Presiden ini diharapkan program KB dapat bergema kembali di desa-desa dan dusun-dusun di seluruh Indonesia.

“Slogan dua anak lebih baik diganti lagi menjadi dua anak cukup dengan harapan masyarakat dapat membangun keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Kita harus bersama-sama menciptakan suasana yang baik dengan lingkungan berkualitas bagi anak-anak kita, kita harus berbicara tentang kualitas anak bukan banyaknya jumlah anak yang kita miliki,” jelas Rini kepada seluruh masyarakat.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan, kampung KB ini merupakan salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh di lini lapangan.

“Untuk itu partisipasi dari seluruh stakeholder dan masyarakat mutlak diperlukan untuk menjamin Kampung KB dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kita juga berharap jangan sampai Kampung  KB dan Pembinaan Desa berhenti tanpa kegiatan-kegiatan setelah dilaksanakan pencanangan ini agar Kampung KB juga bisa dicanangkan di desa-desa lainnya,” harap mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel ini.

Pada kesempatan ini, Bupati juga menyaksikan penandatangan kerjasama antara BKB-PP Kabupaten Gowa dan Kampus IPDN Sulsel untuk pembinaan desa dan menyerahkan bantuan benih sayur-sayuran dari Dinas Pertanian Kabupaten Gowa oleh Bupati Gowa kepada Kepala Dusun Je’nemadinging, Dg Tiro. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 16 =