Pendidikan dan Kesehatan Tetap Menjadi Program Unggulan Gowa

Musrenbang Kabupaten Gowa Tahun 2016
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2016. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa tahun ini akan membangun 3 (tiga) puskesmas rawat inap di beberapa kecamatan. Hal ini disampaikan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Gowa Tahun 2016. “Saat ini di 18 Kecamatan yang ada di Gowa baru 11 kecamatan memiliki puskesmas rawat inap. Tahun ini Pemkab Gowa merencanakan untuk penambahan 3 (tiga) Puskesmas rawat inap lagi ke kecamatan yaitu Biringbulu, Bontolempangan dan Manuju,” jelas Adnan Purichta dihadapan Muspida dan Anggota DPRD Kab Gowa di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Kamis (10/3).

Pembangunan Puskesmas rawat inap bertujuan mengurai pasien yang bertumpuk di RSUD Syekh Yusuf. “Kehadiran Puskesmas rawat inap diharapkan untuk memudahkan masyarakat di kecamatan memperoleh akses layanan kesehatan tindak lanjut, Selain itu pasien yang masih dapat dilayani di Puskesmas tidak harus dirujuk ke RSUD Syekh Yusuf. Daya tampung yang dimiliki RSUD masih terbatas, sehingga dengan mengurai pasien membuat masyarakat Gowa bisa lebih cepat mendapatkan layanan kesehatan,” tambah Bupati termuda di Indonesia Timur ini.

Program kerja unggulan Pemerintah Kabupaten Gowa  akan melanjutkan program kerja masa pemerintahan Bupati terdahulu, H. Ichsan Yasin Limpo yang telah terbukti mendapatkan tempat di hati masyarakat Gowa. Pembangunan andalan ini diantaranya bidang pendidikan, keseharan, infrastruktur dan pengembangan UKM.

Pendidikan sebagai  program unggulan di Pemkab Gowa tetap menjadi perhatian. “Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) tetap dilanjutkan. Bahkan Gowa siap menjadi pilot project pembaharuan kurikulum terutama Calistung bagi anak kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Pemkab Gowa juga menanti monotorium perguruan tinggi dicabut untuk memulainya pembangunan Perguruan Tinggi Syekh Yusuf,” jelas Adnan dalam sambutannya.

Pada pembukaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Gowa ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, H. M. Sidik Salam mewakili Gubernur Sulsel menyampaikan penghargaan kepada Kabupaten Gowa. “Pelaksanaan seluruh prioritas Provinsi Sulsel tahun 2016 merupakan dukungan mencapai 9 (Sembilan) program prioritas nawacita. Seluruh target, sasaran yang akan dicapai di tahun 2017 tidak mungkin terealisasi tanpa dukungan dari jajaran Pemkab Gowa,” terang mantan Penjabat Bupati Gowa ini.

Diakhir sambutannya, Bupati Gowa, Adnan Purichta mengajak seluruh pihak untuk melupakan hiruk pikuk pilkada. “Pilkada telah usai, Saya dan Wakil Bupati meminta kita semua untuk melupakan hiruk pikuk Pilkada kemarin. Mari kita kembali bekerja sama, memberi sumbangan pemikiran dan bekerja keras bagi masyarakat Gowa. Sumbangan positif bagi rakyat Gowa menjadi spirit dan motivasi kami untuk bekerja lebih baik” sebelum membuka musyawarah ini secara resmi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =