Pelepasan JCH Gowa 2016
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni melepas JCH Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sebanyak 479 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Gowa yang dilepas secara resmi oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL di Mesjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Rabu (13/7) pagi.

Pelepasan JCH musim haji 1437 H/ 2016 M yang dirangkaikan dengan manasik haji ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Gowa, H Anwar Abu Bakar, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol dan jajaran Kementrian Agama Kabupaten Gowa.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Gowa, H Anwar Abu Bakar menjelaskan, jemaah calon haji Kabupaten Gowa terdiri dari tiga kelompok terbang (Kloter) Embarkasi Hasanuddin Makassar yang masing-masing terbagi dalam Kloter 3 berjumlah 219 orang akan berangkat pada 11 Agustus, Kloter 8 berjumlah 47 orang akan berangkat pada 18 Agustus dan Kloter 26 berjumlah 219 orang akan berangkat pada 3 September 2016 mendatang.

“Kuota JCH Kabupaten Gowa yang akan berangkat pada musim haji 1437 H/2016 M yakni sebanyak 479 orang jamaah, TPIHI sebanyak 1 orang, TPHD Kabupaten Gowa sebanyak 1 orang dan TKHI sebanyak 4 orang,” terang Anwar Abu Bakar.

Anwar menambahkan, selama empat tahun terakhir kuota ini adalah setelah pengurangan kuota sebesar 20% yang sebenarnya adalah jatah sebanyak 540 orang, tetapi karena adanya pengerjaan renovasi Masjidil Haram sehingga diberlakukan pemotongan kuota 20% untuk semua negara. “Mudah-mudahan musim haji yang akan datang bisa kembali ke kuota haji yang semestinya, bahkan kita berharap bisa bertambah lagi kuotanya,” harap Kepala Kemenag Kabupaten Gowa ini.

Sementara itu, Bupati mengharapkan kepada seluruh jamaah calon haji agar dapat memantapkan niatnya secara tulus semata-mata ingin mendapatkan keridhaan Allah SWT, setelah itu hendaknya memelihara kesehatan fisik dan menguasai manasik haji.

“Saya titip doa agar saya juga bisa melaksanakan ibadah haji dan mendapat panggilan dari Allah SWT serta doa untuk Kabupaten Gowa agar semua programnya dapat terealisasi yang tujuannya bukan untuk saya dan Pak Abd Rauf Malagani, tetapi untuk kita semua,” pesan Adnan kepada para JCH.

Biaya perjalanan haji tahun ini sebesar Rp 38.905.808,- dan tercatat hingga 12 Juli 2016 di Kementrian Agama Kabupaten Gowa daftar tunggu JCH Kabupaten Gowa sebanyak 15.028 orang yang akan berangkat pada 28 tahun mendatang.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

4 + 5 =