Bursa Inovasi Desa Hadir di Gowa

Bursa Inovasi Desa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa meninjau salah satu stand pameran Bursa Inovasi Desa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa
melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), menggelar Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2017.

Kegiatan yang diikuti 564 peserta yang terdiri dari 121 orang Kepala Desa, 121 orang Kepala BPD, 121orang LKMD, Para Camat se Kab Gowa, serta para Tim Inovasi ini resmi di buka oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Gedung Serba Guna Haji Bate, Jalan Tumanurung, Sungguminasa, Kamis (28/12).

Kepala Dinas PMD, Muh Asrul yang juga selaku Koordinator Bursa Inovasi Desa menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yg berkembang di desa-desa.

“Ini dimaksudkan agar dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang ada di desa dapat berjalan dengan baik, serta menjalin komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif yang ada di dalam bursa,” katanya.

Sementara Sekteraris Dinas PMD Sulsel, Sentot Wiryawan , menyampaikan apresiasinya dengan diadakannya kegiatan ini, “Bursa inovasi ini dapat membantu desa-desa dalam mengidentifikasi potensi-potensi inovasi dalam rangka pengelolaan dana desa,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, “Ajang ini dapat dijadikan sebagai ajang mamerkan inovasi yg telah dilaksanakan di desa desa, dengan kata lain bursa ini menjadi tempat pertemuan antara pihak desa yg telah melaksanakan inovasi dengan desa lain yg membutuhkan inovasi baru,” terangnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini terjadi peningkatan yg signifikan dalam pengelolaan dana desa utamanya untuk kesejahteraan masyarakat desa, apalagi Kabupaten Gowa saat ini menyandang Kabupaten terbaik di Indonesia dalam pengelolaan dana desa dengan menggunakan aplikasi Sistem keuangan dana desa (Siskeudes).

Dikesempatan yang sama, Bupati Adnan dalam sambutannya mengatakan, Bursa inovasi desa ini merupakan kegiatan untuk menguji kreatifitas kita semua dalam menciptakan sebuah program baru yg bermuara untuk kemajuan suatu desa.

“Cara lama tidak menjamin sebuah keberhasilan dimasa yg akan datang, ini membutuhkan sebuah kreatifitas dan inovasi yang programnya fokus pada satu bidang,” ujarnya di hadapan para Kepala Desa.

Lebih lanjut, dia menekankan kepada para Kepala Desa se Kab Gowa, agar selain mampu berinovasi, dia (Kepala Desa) harus melek informasi dan melek teknologi karena dizaman sekarang tekhnologi dan informasi menjdi sebuah hal yang penting dlm sebuah keberhasilan.

“Olehnya itu, kegiatan ini harus dijadikan sebuah momentum untuk kita bekerja keras dan cerdas agar program itu mampu berjalan dengan baik sesuai koridor yg ada, dengan membuat perencanaan yang baik, selalu bersinergi antara program Pemerintah Kabupaten dan program Pemerintah Desa.” jelasnya.

Dengan adanya sinergitas ini, Pemkab Gowa akhirnya berhasil mendapatkan apresiasi dari Dirjen Perimbangan Kementrian Keuangan RI, yang mana Kab Gowa menjadi satu-satunya dari 7 Kabupaten yg ada di indonesia yg penurunan angka kemiskinannya tercepat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kab Gowa, Ansar Zaenal Bate, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf. Al Amin Sarmono, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Priska Paramita, dan para Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kab Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

53 − 49 =