Dianggap Mampu Turunkan Stunting, Wabup Gowa Akan Terima Penghargaan BKKBN Pusat

HUMASGOWA—-Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gowa dijadwalkan akan menerima penghargaan Dharma Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.

Penghargaan akan diserahkan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024 mendatang di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni mengatakan bahwa penghargaan yang akan diterima pada Harganas Tahun 2024 ini berkat kerja keras bersama seluruh pihak dalam upaya mensukseskan Program Bangga Kencana dan penurunan stunting di Kabupaten Gowa.

“Tentu penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tapi untuk kita semua yang bekerja keras berjuang bersama menurunkan stunting di Kabupaten Gowa. Saya dapat penghargaan ini karena kita semua,” ungkapnya, Selasa (25/6)

Abdul Rauf menyebutkan bahwa Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 yang telah dirilis oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Kabupaten Gowa berhasil menurunkan angka stunting hingga 11,9 persen, dimana pada tahun 2022 kemarin sebesar 33 persen dan tahun 2023 turun menjadi 21,1 persen.

Olehnya itu, Abd Rauf meminta tren penurunan stunting yang sangat signifikan ini bisa dilanjutkan di tahun 2024 ini. Dirinya berharap tahun 2024 ini stunting bisa diturunkan minimal 10 persen.

“Mudah-mudah di tahun 2024 kita bisa menurunkan lagi stunting paling tidak 10 persen, sehingga stunting di Kabupaten Gowa sisa 11,1 persen, dan dibawah target nasional yaitu 14 persen tahun 2024,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan karena yang bersangkutan dianggap memiliki komitmen dalam program Bangga Kencana dan Percepatan penurunan stunting.

“Ini dilihat dari kepedulian mereka terhadap program-program itu dalam bentuk keterlibatan langsung dalam setiap kegiatan maupun dalam hal memerikan contoh dalam hal program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting,” ungkapnya.

Sofyan Daud juga menyebutkan selain Wakil Bupati Gowa selaku Ketua TPPS Kabupaten Gowa, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan dirinya sebagai Kepala Dinas PPKB juga akan menerima penghargaan.(JN)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 47 = 56