Dinas Sosial Gelar Bintek Service Provider PKH

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa menggelar Bimbingan Teknis Service Provider (Layanan Kesehatan dan Pendidikan) Program Keluarga Harapan (PKH) di Baruga Krg Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (26/6).

Bintek yang diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari petugas faskes, petugas fasdik (guru) dan camat ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gowa, Maskur Mansyur. Turut pula hadir Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol, Ketua Tim UPPKH Pusat dari Kementrian Sosial RI Fadhlullah, PKH Dinsos Provinsi Sulsel Andi Ertifah dan Korwil PKH Sulsel dan Sulteng Abd Rahman.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol melaporkan, bimbingan teknis ini bermaksud untuk meningkatkan kapasitas kerja para pemberi layanan pendidikan maupun kesehatan dalam pelaksanaan verifikasi komitmen PKH. “Pelaksanaan bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan teknis petugas service provider dalam melakukan verifikasi dan meningkatkan kelancaran pelaksanaan verifikasi komitmen peserta PKH di lapangan,” jelasnya.

Program Keluarga Harapan merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan yang dirancang untuk membantu Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) pada sisi beban pengeluaran. Kabupaten Gowa adalah salah satu dari 3 (tiga) kabupaten (Makassar, Bone, Gowa) sebagai ujicoba pelaksanaan PKH di Sulawesi Selatan sejak tahun 2010.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gowa, Maskur Mansyur menjelaskan dengan adanya bimtek ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan memahami program dan implementasi PKH sebagai program lintas sektor yang membutuhkan komitmen semua pihak untuk mendukung suksesnya program nasional pengentasan kemiskinan ini. “Kita harus bertekad bahwa pelaksanaan kegiatan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Gowa harus berhasil dengan predikat yang memuaskan sebagai lokasi ujicoba di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Narasumber yang membawakan materi pada bintek ini berasal dari UPPKH Pusat dari Direktorat Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI, UPPKH Provinsi dari Dinas Sosial Provinsi Sosial, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

75 − = 67