Dirjen Perbendaharaan Anugrahkan Gowa Penghargaan Atas WTP

Penerimaan Penghargaan Keuangan
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menerima penghargaan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPB). -foto/humas-

MAKASSAR—–Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gowa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2015 kembali menerima penghargaan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPB). Piagam Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Mallagani dari Kepala Kantor Wilayah DJPB Prov Sulsel, Alfiker Siringoringo.

Penyerahan berlangsung dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berbasis akrual menuju WTP Tahun 2016. Rapat berlangsung di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jl Urip Sumoharjo, Selasa (20/12).

Bersamaan dengan Pemkab Gowa ada 17 yang menerima penghargaan ini. Diantaranya Sulsel, Makassar, Pare-Pare, Bone, Palopo, Bulukumba, Soppeng, Luwu Timur, dan Bone.

Kepala kantor wilayah DJPB Prov Sulsel ketika memberikan sambutan memberikan apresiasi tinggi atas keberhasilan 17 daerah yang berhasil meraih opini WTP dari BPK.

” Di Sulsel 17 dari 25 Pemda berhasil memperoleh opini WTP. Tahun sebelumnya hanya 10 daerah. Kemajuan positif bisa terlihat dalam pencapaian ini, apalagi saat LKPD tahun 2015 merupakan tahun pertama laporan berbasis akrual. Sebagaimana diketahui opini yang diberikan BPK merupakan barometer pengelolaan keuangan daerah,” urainya.

Menurut Alfieker Laporan keuangan berbasis akrual merupakan level tertinggi. ” Sistem laporan yang kita gunakan saat ini merupakan sistem laporan paling advance. Bahkan belum banyak negara di dunia yang menggunakan laporan keuangan berbasis akrual,” jelasnya.

Perhatian Kementrian Keuangan melalui Dirjen Perbendaharaan atas LKPD sangat tinggi. Laporan Keuangan yang telah diaudit dan diberikan opini oleh BPK merupakan gambaran pelaksanaan keuangan secara umum dan khusus. Opini yang diterima atas audit mencerminkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BPK Sulsel, Andi Kangkung Lolo Gau, Asisten Bidang ekonomi dan Pembangunan Prov Sulsel beserta Walikota,Bupati dan Wabup dari beberapa Kabupaten/Kota di Sulsel.

Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Mallagani mengatakan keberhasilan Gowa mempertahankan WTP merupakan komitmen sejak pemerintahan sebelumnya. ” Mempertahankan WTP sudah menjadi komitmen pemerintahan sebelumnya dan terus kami lanjutkan. Kami berkomitmen memberikan laporan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabilitas,” jelasnya.

Laporan keuangan yang dibuat oleh semua pemerintah kabupaten ini akan dirilis ke seluruh dunia melalui world Bank dan selalu menjadi indikator penilaian.

Rapat koordinasi juga diisi dengan pemberian materi meraih dan mempertahankan opini WTP yang dibawakan oleh Kepala BPK Perwakilan Sulsel. Diharapkan tahun kedua penyusunan laporan keuangan berbasis akrual beberapa daerah yang belum WTP bisa beralih memperoleh opini WTP dari BPK (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 1 =