HMPI dan BMN Tahun 2016 Tingkat Sulsel Dipusatkan di Gowa

Hari Menanam Pohon Nasional
Asisten Bidang Kesra Pemprov Sulsel, HM Sidik Salam menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Gowa, H Muhammad Yusuf sebagai Juara III Lomba Menanam Pohon. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dipusatkan di Kelurahan Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Selasa (20/12).

HMPI dan BMN Tahun 2016 ini ditandai dengan penanaman bibit pohon secara simbolis oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel, H Muh Sidik Salam bersama jajaran Muspida Provinsi Sulsel, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, Sukri Mattinetta menjelaskan alasan penempatan HMPI dan BMN Tahun 2016 Tingkat Sulsel dipusatkan di Gowa.

“Penempatan pelaksanaan kegiatan di Gowa bukan semata-mata begitu saja, ini bentuk dukungan positif dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait akan dijadikannya Malino sebagai Kota Raya,” kata Sukri.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengutarakan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi atas ditunjuknya Kabupaten Gowa sebagai lokasi pelaksanaan Peringatan HMPI dan BMP Tahun 2016 Tingkat Sulsel ini.

“Pencanangan Gerakan Penanaman Pohon ini mengingatkan kita kembali atas keprihatinan terhadap kerusakan lingkungan dan sumber daya alam yabg mengakibatkan terjadinya dampak pemanasan global, sehingga kita lakukan
penanaman pohon hari ini untuk anak, ponakan dan cucu kita di masa yang akan datang untukĀ investasi Indonesia yang makin baik di masa datang,” tandas bupati termuda Kawasan Timur Indonesia ini.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel, H Muh Sidik Salam saat membacakan sambutan seragam Menteri Lingkungan dan Kehutanan RI mengatakan, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Tahun 2016 mengambil tema “Pohon dan Hutan Rakyat Untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara.”

“Tema ini mengandung arti bahwa saat ini betul-betul langkah menanam pohon merupakan kebutuhan untuk prasyarat kehidupan yang paling mendasar dengan dukungan dan sistem regulasi alam, begitupun dukungan bagi kesejahtetaan masyarakat dan secara lebih konkrit dapat sumber daya ekonomi,” jelas Sidik Salam.

Sidik Salam juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tahun 2015 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kepada Juara I Kabupaten Bulukumba, Juara II Kabupaten Enrekang dan Juara III Kabupaten Gowa serta penyerahan secara simbolis bibit pohon kepada masyarakat peduli kehutanan yang diterima oleh perwakilan Gapoktan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel bersama UPT Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 2.500 bibit pohon di Kelurahan Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =