Dukung Program Prioritas Pj Gubernur, Pemkab Gowa Telah Siapkan Anggaran Pemilu

– 40 Persen Anggaran Telah Dialokasikan ke KPU dan Bawaslu 

HUMASGOWA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa siap mendukung program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Salah satunya dalam menyukseskan pesta demokrasi di 2024 mendatang.

 

Hal ini diungkapkan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menerima kunjungan silaturahmi Pj Gubernur Sulsel bersama jajaran di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (15/9).

 

Adnan mengatakan, salah satu yang ada dalam program prioritasnya yakni mensukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah menganggarkan 40 persen dana Pilkada kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pilkada. Anggaran khusus ini tentunya sebagai tanda kesiapan Kabupaten Gowa dan dalam proses Pemilu mendatang.

 

“Sesuai dengan surat edaran dari Mendagri bahwa 40 persen biaya Pilkada harus dianggarkan di tahun 2023. Di Kabupaten Gowa kami anggaran sebesar Rp30 miliar melalui APBD pokok 2023 dan 60 persennya di tahun 2024,” ungkapnya.

 

Adnan mengaku, saat pemilihan langsung 2020 kemarin, Kabupaten Gowa mampu keluar dari zona merah menjadi zona hijau. Sehingga di 2024 mendatang dirinya optimis, Kabupaten Gowa mampu menciptakan kondisi yang aman dan lancar dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada tersebut.

 

“Alhamdulillah di 2020 kemarin pertama kalinya Kabupaten Gowa menjadi zona hijau yaitu daerah paling aman melaksanakan Pilkada dan berhasil mencatatkan rekor dengan masuk tiga besar nasional partisipasi tertinggi di Indonesia yaitu capaian 79,77 persen dari target nasional 77 persen,” jelasnya.

 

Olehnya ia berharap, pelaksanaan Pilkada nanti akan berjalan dengan lancar dan prestasi-prestasi lainnya bisa kembali diraih oleh Kabupaten Gowa.

 

“Ini akan menjadi tantangan bagi pemerintah, KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara sehingga Insya Allah pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gowa berjalan dengan baik, aman dan lancar,” jelasnya.

 

Tak hanya itu, program prioritas lainnya kata Adnan yakni penanganan stunting dan gizi buruk. Hal ini juga menjadi perjatian bagi Pemerintah Kabupaten Gowa sehingga akan terus melakukan berbagai upaya sehingga trget nasional stunting 14 persen di tahun 2024 bisa tercapai.

 

Sementara Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menjelaskan ada delapan program prioritas yang akan dijalankannya, sehingga memina seluruh kabupaten/kota ikut mensukseskan program tersebut termasuk di Kabupaten Gowa.

 

“Alhamdulillah saya diberi amanah atau mendapatkan tugas tambahan menjadi Pj Gubernur Sulsel, dan ini amanah kedua menjadi penjabat gubernur. Kita dalam menjalankan pemerintahan dengan kebersamaan, yang penting tujuan pemerintahan yang diemban kita laksanakan dengan baik,” jelasnya.

 

Adapun delapan program prioritasnya yakni sukses penyelenggaraan Pilkada, pengendalian inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, pengetasan kemiskinan ekstrim, ketahanan pangan, kemudahan pelayanan publij dan investasi, sinergitas program prioritas nasional dan daerah, dan stabilitas sosial, politik, keamanan dan ketentraman umum.

 

Pada kunjungan silaturahmi ini, Pj Gubernur bersama rombongan sebelumnya melaksnakan sholat Jum’at bersama masyarakat Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf.

 

Turut hadir Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin, Forkopimda Gowa, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania dan Pimpinan SKPD, Camat Lingkup Pemkab Gowa. (NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 9 = 81