MAKASSAR—-Bimbingan Teknis Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa lingkup Pemkab Gowa digelar oleh Bagian Administrasi Pembangunan. Tercatat 40 peserta mewakili SKPD hadir dalam bimtek yang dilaksanakan di Hotel Remedo Makassar, Rabu (13/4).

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Andi Idil Hafid menjelaskan tujuan bimtek ini untuk peningkatan kinerja dalam proses pengadaan barang dan jasa di Lingkup Pemkab Gowa. “Terjadi peningkatan kapasitas teknis dan keterampilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan calon PPK dalam menjalankan tupoksi merupakan tujuan utama dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis ini. Diharapkan melalui bimtek ini tercipta sinergitas antara PPK dengan pejabat lainnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga terciptanya kesesuaian antara proses, tata cara dan mekanisme pengadaan barang dan jasa,” jelas Idil Hafid.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H. Muchlis dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan, “Ilmu manajemen pengadaan barang dan jasa salah satu aspek penting dalam menentukan tingkat daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan daerah. Efektifitas, efisiensi dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran merupakan tujuan utama dalam manajemen ini,“ jelas H. Muchlis dihadapan para peserta bimtek.

“Untuk mewujudkan harapan ini dibutuhkan aparatur yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kegiatan ini merupakan sarana strategis guna memberikan pemahaman yang sama dan komprehensif kepada para peserta tentang tata cara pengadaan, wewenang, tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam organisasi pengadaan barang dan jasa khususnya bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Seluruh peserta bimtek nantinya dihatapkan mampu melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa di SKPDnya masing-masing secara benar dan tidak melanggar aturan yang berlaku,” tambah mantan Kepala Bappeda Kab Gowa ini.

Bimtek akan berlangsung selama tiga hari yakni (13-15/4). Beragam materi disajikan guna menambah kapasitas dan kinerja peserta, diantaranya yang membawakan materi yaitu: Sekda Kab Gowa, H. Muchlis mengenai Prinsip Good Governance dalam Pengadaan Barang dan Jasa, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia, Ahmad Damopolii, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Tonangi, serta Ketua Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Ramli Simanjuntak.

Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Kepala Bagian SDA, Misi, Kabag Keuangan, Irwan Ispar, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Hj. Fatima Suyuti serta beberapa sekretaris SKPD lingkup Pemkab Gowa (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

9 + 1 =