Jaring 10 Pelajar Terbaik Gowa, Adnan Buka Seleksi Fast Track

Tes Program Fast Track Sampoerna-Pemkab Gowa
Ratusan Pelajar SMP Se-Kabupaten Gowa mengikuti tes penjaringan program fast track Sampoerna dan Pemkab Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Sebanyak 168 pelajar SMP Se-Kabupaten Gowa mengikuti tes penerimaan siswa Sampoerna Academy Boarding School. Tes ini merupakan tahapan penjaringan sebagai persyaratan untuk mengikuti program fast track inovasi pendidikan yang dirancang oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF).

“Kami mengundang 200 pelajar untuk ikut seleksi namun yang hadir hari ini hanya 168 pelajar. Mereka yang dipanggil ikut seleksi adalah pelajar yang masuk dalam peringkat 5 besar disekolahnya,” jelas Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab Gowa, H. Bachtiar.

Peserta seleksi mengikuti tes potensi akademik secara tertulis meliputi mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Ujian berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (13/4).

Penjaringan ini merupakan tindaklanjut dari penandatangan kerjasama antara Pemkab Gowa dan Putra Samporna Foundation (PSF) di Jakarta Maret lalu. Merupakan bagian dari Program Investasi Seperempat Abad yang digelontorkan oleh Pemkab Gowa sejak 2 tahun lalu.

“Program ini sangat sejalan dengan prinsip sistem pendidikan yang ada di Gowa. Memberi kesempatan bagi pelajar Gowa mendapatkan akses pendidikan terbaik untuk peningkatan kualitas SDM. Saya berharap yang kelak terpilih tidak saja mampu secara akademik atau intelektual namun juga secara mental untuk bersaing. Karena pendidikan yang akan dilalui oleh pelajar bekualitas internasional” urai Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL saat pembukaan seleksi ini.

Mereka yang lulus tidak diharuskan untuk kembali ke daerah asal. “Kami berharap siswa yang ikut dan lulus dalam penjaringan pada program fast track ini dapat membawa nama Gowa. Kalau kalian sudah lulus dan menyelesaikan program ini dalam lima tahun kalian tidak harus kembali ke Gowa. Bisa bekerja dimana saja asal jangan lupakan tempat asal kalian Gowa. Program ini sekaligus sebagai kontribusi Gowa untuk Indonesia lebih baik,” lanjut Adnan.

Kerjasama yang dilakukan Pemkab Gowa bersama Putra Sampoerna Foundation (PSF) ini akan memilih 10 siswa-siswi terbaik asal Kabupaten Gowa untuk mengikuti inovasi pendidikan sistem fast track. Mereka akan bersekolah di Sampoerna Academy Boarding School bersama dengan pelajar lainnya yang terpilih dari seluruh Indonesia. Kemudian akan melanjutkan ke Sampoerna University sehingga dalam kurun waktu lima tahun akan menciptakan insinyur dengan kompetensi internasional.

Program kerjasama tahap pertama ini akan memilih 10 pelajar sebagai utusan Gowa. Beasiswa akan diberikan secara penuh dengan pembagian masing-masing 5 pelajar akan dibiayai oleh Pemkab Gowa dan Putra Sampoerna Foundation (PSF).

Selain ujian tertulis yang harus dilewati para pelajar mereka akan melewati tes wawancara dan Forum Group Discussion (FGD). Hadir dalam penjaringan ini Kepala Kabid. Dikdas, H. Bakhtiar dan Kabid Dikmen, H. Syamsuddin dari Dikpora Kab. Gowa serta perwakilan dari Putra Sampoerna yang sebanyak 5 orang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 7 = 28