Gowa Raih Penghargaan Atas Capaian WTP 2012-2016

Penghargaan Kemenkeu
Gowa Raih Penghargaan Atas Capaian WTP 2012-2016 dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani yang diterima oleh Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania. -IST-

JAKARTA——Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali meraih penghargaan Pemerintah Republik Indonesia kepada atas Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2012-2016.

Bahkan Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya Kabupaten yang ada di Sulsel yang menerima langsung penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Mewakili Pemkab Gowa Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa, H Abd Karim Dania pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 di Gedung Dhanapala, Kementrian Keuangan, Jakarta, Kamis (14/9) siang.

Sri Mulyani mengatakan sangat bangga dengan beberapa pemerintah daerah yang telah memiliki WTP selama 5 tahun berturut-turut. “Walaupun Pemerintah daerah memperoleh WTP, tetap harus melihat design dan penggunaan anggarannya secara efektif dan efisien. Pemerintah daerah hrsnya dlm stiap penganggaranya tidak melebihi atau melebih-lebihkan dari standar yg sdh ada, juga yang harus menjadi perhatian adalah aspek penyerapan serta implementasi di masyarakat” kata Menteri Keuangan dihadapan para perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, harusnya aspek penyerapan bisa membantu percepatan kegiatan. “WTP tidak menjamin terjadinya korupsi apalagi ditemukan OTT, ada juga korupsi yang harus dilihat konflik kepentingan yang harus diwaspadai bersama,” katanya.

Menteri Keuangan berharap, para pemerintah daerah tetap menjaga komitmen terhadap tata kelola keuangan dengan baik sehingga bisa terlepas dari korupsi.

Kabag Humas dan Kerjasama Gowa, Abdullah Sirajuddin yang dimintai komentarnya mengatakan Pemkab Gowa bersyukur atas apresiasi yang diterima. “Dengan adanya penghargaan ini pemerintah daerah berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat khususnya Kementrian Keuangan RI. Bahwa Gowa telah meraih WTP 6 kali berturut tidak terlepas dari kerjasama semua pihak di jajaran pemerintah daerah sendiri dan masyarakat,” ujarnya.

Abdullah menambahkan, komitmen dan kerja keras dalam mempertahankan opini tidak sampai disini saja. “Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebagaimana harapan yang dititipkan oleh ibu menteri.
Pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Gowa yang lebih baik dan lebih sejahtera,” tambahnya.

Sebelum pelaksanaan Rakernas dan penerimaan penghargaan ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9) pagi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 48 = 54