Gowa Siap Sambut Pilkada

Media6
Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin melakukan pemukulan gong sebagai tanda Launching Pilkada Kabupaten Gowa Tahun 2015. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa tahun 2015 ini akan segera diselenggarakan, untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Gowa memasuki tahapan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sebelumnya telah dilakukan seleksi.

Pelantikan yang dirangkaikan dengan Launching Pilkada Kabupaten Gowa Tahun 2015 ini dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zainal Bate, Ketua KPU Kab Gowa, Zainal Ruma dan jajaran KPU Gowa serta para anggota partai politik.

Sebanyak 90 anggota PPK dan 501 anggota PPS dilantik di Gedung Haji Bate, Kab Gowa, Senin (18/5). Para anggota PPK akan tersebar di setiap kecamatan dimana masing-masing kecamatan bertugas lima orang anggota PPK, sedangkan anggota PPS yang telah dilantik akan segera bertugas di kelurahan dan desa yang telah ditetapkan hingga berakhirnya proses Pilkada Kabupaten Gowa tahun 2015. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan penyerahan secara simbolis petikan Surat Keputusan (SK) kepada perwakilan PPK.

Ketua KPU Kab Gowa, Zainal Ruma dalam sambutannya menegaskan, para anggota PPK dan PPS dituntut untuk menjadi penyelenggara Pilkada yang jujur, adil dan kredibel dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab mereka. “Kehadiran para anggota PPK dan PPS diharapkan mampu menghantarkan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Gowa sebaik-baiknya dan menjadikan KPU sebagai lembaga yang terpercaya bagi publik,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin yang mengatakan, kejujuran dan keadilan harus dipegang teguh oleh para anggota PPK dan PPS. “Jangan sampai ada hadir dipikiran para anggota PPK dan PPS untuk melakukan sesuatu diluar aturan atau memihak kepada salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati, kita harus bekerja secara jujur dan adil agar tidak menimbulkan persoalan serius,” pesan Wabup kepada para anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik.

Abbas Alauddin menambahkan, para anggota PPK dan PPS ini merupakan orang-orang pilihan dari 18 kecamatan dan 167 kelurahan dan desa di Kabupaten Gowa. “Orang-orang ini mempunyai peran yang sangat strategis sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai, tertib dan demokratif,” ujarnya.

Sementara itu, Zainal Ruma menjelaskan, pada penyelenggaraan Pilkada tahun ini tidak ada lagi pelaksanaan rekap Pemilih di tingkat kelurahan dan desa tetapi hanya di tingkat kecamatan yang berbasis kelurahan dan desa sehingga para PPS bertugas membantu para PPK melakukan rekap, begitupun dengan pemasangan atribut Pilkada tahun ini tidak lagi dilakukan oleh partai politik atau calon yang bersangkutan tetapi dilakukan langsung oleh para PPK dan PPS.

“Kali ini para anggota PPK dan PPS yang langsung melakukan pemasangan alat peraga dan yang harus diperhatikan adalah prinsip keadilan, kejujuran dan persamaan hak kepada sesama calon,” terang Zainal Ruma.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin melakukan pemukulan gong sebagai tanda Launching Pilkada Kabupaten Gowa Tahun 2015.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 8 = 1