Lomba Vokal Group Meriahkan Hari Jadi Gowa Ke-694

Daulat
Ket.Gambar: Salah satu penampilan peserta Lomba Vokal Group dalam rangka Hari Jadi Gowa Ke-694. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Rangkaian Peringatan Hari Jadi Gowa (HJG) yang Ke-694 Tahun 2014 ini semakin meriah dengan digelarnya Lomba Vokal Group oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gowa. Lomba yang diikuti sebanyak 42 grup yang merupakan perwakilan masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Gowa ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (7/11).

H Baharuddin Mangka mengatakan, lomba ini pertama kalinya dilaksanakan dan bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah. “Saya harap dengan adanya lomba ini maka lagu-lagu Makassar dapat dilestarikan sehingga anak-anak kita bisa lebih mengenal lagu-lagu dan kebudayaan daerah,” pesannya kepada para peserta lomba tersebut.

Lomba yang berlangsung selama tiga hari yang dimulai tanggal 8, 10 hingga 11 November mendatang ini mewajibkan peserta menyanyikan dua buah lagu daerah yakni lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu wajib yang ditentukan oleh panitia diantaranya Sulawesi Pa’rasanganta, Butta Gowa Kala’biranta, Anging Mammiri dan Ati Raja. Sedangkan, utntuk lagu pilihan, peserta bebas memilih lagu daerah Makassar.

Masing-masing peserta menampilkan kekompakan mereka dalam mengalunkan lagu-lagu daerah dengan iringan musik dan menggunakan pakaian adat khas Makassar yakni baju bodo dan lipa’ sa’be bagi wanita, sedangkan bagi pria menggunakan jas tutup lengkap dengan lipa’ sa’be dan songkok khas Makassar.

Para peserta dinilai langsung oleh tiga orang juri yang ahli di bidangnya masing-masing. Pemenang pada lomba ini akan diumumkan langsung pada puncak Peringatan Hari Jadi Gowa yang jatuh pada tanggal 17 November 2014 mendatang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − = 72