Parangloe Tuan Rumah Jumbara PMR III Se-Kabupaten Gowa
Jumbara PMR III Tingkat Kabupaten Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL dan Ketua PMI Sulsel, H Ichsan Yasin Limpo menemui para peserta Jumbara PMR III Tingkat Kabupaten Gowa. -foto/humas-

PARANGLOE—–Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Ke-III Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2016 di Lapangan Alur C Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Senin (5/9) dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL.

Kegiatan yang bermotto “PMR Pandai, Manusiawi dan Responsif” ini diikuti sebanyak 1.440 orang peserta yang terdiri dari peserta PMR Wira (setingkat SMA) sebanyak 250 orang dari 25 sekolah atau regu, peserta PMR Madya (setingkat SMP) sebanyak 470 orang dari 47 sekolah atau regu, peserta PMR Mula (setingkat SD) sebanyak 720 orang dari 18 kecamatan. Selain itu, kegiatan ini juga didukung peninjau sebanyak 450 orang dan pembina sebanyak 360 orang yang merupakan guru atau staf di sekolah yang dimandatisir oleh kepala sekolah masing-masing.

Ketua Panitia Jumbara PMR ke-III Tingkat Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Jumbara PMR ke-III Tingkat Kabupaten Gowa ini adalah sebagai tolok ukur keberhasilan dan tingkat pencapaian masing-masing unit dalam penguasaan teknik-teknik kepalangmerahan meningkatkan silaturahmi antar PMR Se-Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dan pemberian materi dilakukan pada dua tempat yaitu dalam dan luar ruangan, metode yang dipergunakan berupa ceramah, diskusi, curah pendapat dan games serta simulasi. Sedangkan untuk proses evaluasi dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan dan penuh edukasi oleh seluruh peserta dan pembina, serta dilakukan pula kegiatan bakti masyarakat dan studi wisata,” papar Syamsuddin Bidol.

Pembukaan Jumbara PMR yang akan berlangsung hingga 10 September 2016 mendatang ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa, H Anzar Zaenal Bate, Sekda Gowa, H Muchlis, Ketua PMI Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), H Ichsan Yasin Limpo, Ketua PMI Kabupaten Gowa, H Abbas Alauddin dan para pengurus PMI Sulsel serta para pengurus PMI Kabupaten Gowa.

Ketua PMI Provinsi Sulsel, H Ichsan Yasin Limpo mengutarakan apresiasi dan rasa bangganya kepada Kabupaten Gowa yang merupakan daerah pertama yang menjabarkan pelaksanaan Jumbara tingkat kabupaten setelah pelaksanaan Jumbara Nasional di Pangkep beberapa waktu yang lalu. “Saya gembira sekali karena bukan daerah lain yang menjabarkan Jumbara Nasional, melainkan Gowa yang pertama kali merealisasikan Jumbara ini di Kecamatan Parangloe sebagai  ajang silaturahmi, menambah pengetahuan dan profesionalisme serta sharing informasi para anggota PMR,” ungkap mantan Bupati Gowa ini.

Ichsan menambahkan, Jumbara ini merupakan penjabaran dari kesiapan kita sebagai sebuah organisasi kemanusiaan yang lahir satu bulan setelah kemerdekaan RI, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang diberi kewenangan untuk lebih profesional yang sigap dan  diberikan amanah oleh konstitusi sebagai organisasi kemanusiaan yang boleh melakukan pengolahan terhadap darah dan melakukan donor darah. “Saya ajak ki semua untuk donor darah, donor darah adalah ibadah dan sehat karena 300 cc darah yang kita donorkan itu dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” seru Ketua PMI Sulsel pada Pembukaan Jumbara Ke-III Tingkat Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mengatakan, kegiatan Jumbara ini dapat memberikan nilai positif sebagai strategi PMI khususnya PMI Kabupaten Gowa dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkhusus kepada sumber daya palang merah remaja sebagai relawan di masa depan serta memberikan kesempatan kepada berbagai kalangan yang mempunyai kepedulian dengan semangat bersama untuk kemanusiaan.

“Saya harap para anggota palang merah untuk meningkatkan kesolidan, kekompakan dan tanggap terhadap situasi dan kondisi yang memungkinkan terjadinya bencana alam dan konflik-konflik sosial di daerah kita,” pesan Adnan kepada seluruh peserta Jumbara.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa selaku Pelindung PMI Kabupaten Gowa menyerahkan Piala Bergilir Jumbara kepada Ketua Panitia Pelaksana dan menyematkan atribut peserta kepada para perwakilan peserta.(*)

 

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 9 = 90