Pemkab Gelar Rapat Monev Program Pembangunan Triwulan III Tahun 2013

SUNGGUMINASA——Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program / Kegiatan Pembangunan Kabupaten Gowa Triwulan III Tahun Anggaran 2013 di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kabupaten Gowa, Selasa (29/10).

Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, H Baharuddin Mangka menjelaskan rapat monitoring ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan pengendalian dan evaluasi pelaksana program dan kegiatan pembangunan antara seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

“Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dan penilaian terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan berdasarkan dokumen perencanaan dan penganggaran serta memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya,” terang H Baharuddin Mangka dihadapan Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dan para pimpinan SKPD dan camat Lingkup Pemkab Gowa.

H Baharuddin Mangka menambahkan, secara keseluruhan kegiatan pembangunan Kabupaten Gowa tahun anggaran 2013 pada triwulan III dengan sumber dana APBD Kabupaten Gowa untuk belanja langsung sebesar Rp 420.421.796.708,- telah terealisasi sebesar Rp 154.084.124.399,- dimana realisasi fisik sebesar ± 53,92 % dan realisasi keuangan sebesar ± 36,35 %-. Sementara kegiatan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Sulsel sebesar Rp 138.118.142.940,- telah terealisasi Rp 9.190.181.705,- dimana realisasi fisik sebesar 21,88 % dan realisasi keuangan sebesar 6,65%.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin ketika membuka secara resmi rapat monitoring dan evaluasi ini mengatakan, rapat monitoring dan evaluasi ini memainkan peranan yang penting dalam tahapan pelaksanaan pembangunan, karena melalui kegiatan tersebut kita dapat mengkaji kesesuaian kegiatan yang dilakukan dan perencanaan yang telah disusun.
“Rapat yang kita lakukan saat ini merupakan salah satu bagian dari upaya pengendalian dan evaluasi program kegiatan pembangunan yang kita laksanakan di tahun 2013 ini,” ungkap H Abbas Alauddin.

H Abbas Alauddin menghimbau, para pimpinan SKPD dan camat untuk senantiasa memperhatikan pelaksanaan kegiatan pembangunan di instansi masing-masing agar pelaksanaan kegiatan berjalan secara efisien, efektif dan tepat waktu, sehingga tujuan dan sasaran pembangunan dapat tercapai dan terlaksana sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =