Forum Komunikasi Publik
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni membuka secara resmi Forum Komunikasi Publik Tahun 2016. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Komunikasi Publik yang berlangsung di Baruga Krg Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (22/2) siang.

Forum yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni Krg Kio digelar dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017.

Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, H Andi Kumala Idjo menjelaskan, kegiatan yang telah diawali dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan pada 9 hingga 12 Februari lalu ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang arah dan kebijakan pembangunan daerah serta arah kebijakan pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah.

“Tujuannya untuk menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan guna lebih memperkaya prioritas dan sasaran pembangunan RKPD tahun 2017 mendatang,” kata Andi Kumala Idjo.

Sementara itu, Wabup Gowa, H Abd Rauf Krg Kio mengatakan, forum ini merupakan salah satu dari tahapan sebelum pelaksanaan Forum Gabungan SKPD dan Musrenbang Kabupaten untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk periode satu tahunan.

“Saya berharap partisipasi para peserta forum ini dalam rangka penyusunan RPJMD tahun 2016-2021 sebagaimana muatan visi dan misi yang menjadi janji politik saya kepada masyarakat dengan mewujudkan lima agenda prioritas yaitu pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dan UMKM,” terang Abd Rauf.

Abd Rauf menambahkan, untuk melaksanakan program tersebut tentu membutuhkan saran dan masukan dari para stakeholders dan seluruh lapisan masyarakat. “Pada hakekatnya keberhasilan pembangunan sangat bergantung kepada sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat tanpa melibatkan swasta dan masyarakat, pemerintah tidak akan dapat mencapai hasil pembangunan yang optimal,” tegas mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Gowa ini.

Forum yang akan berlanjut ke tahapan Forum Gabungan SKPD pada 10 Maret mendatang ini diikuti sebanyak ratusan peserta yang merupakan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, para camat dan tim penginput aplikasi Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah (SPPD), para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perempuan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

10 × 1 =